Apa, Pendukung Ganjar Lari ke Prabowo, ini Hasil Survei Polling Institute

- 12 September 2023, 20:05 WIB
/

Portalkotamobagu.com-Lembaga Survei Polling Institute merilis hasil temuan terbarunya terkait dengan simulasi tiga nama bakal calon presiden yang mengemuka saat ini.

Mereka adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hasilnya, nama Prabowo masih jauh menduduki posisi teratas dengan raihan suara 36,3%, meninggalkan dua calon kompetitornya, yaitu Ganjar dan Anies.

Hal itu dikupas tuntas oleh Kennedy Muslim Peneliti Polling Institute bersama dengan Seth Soderbogh Peneliti Politik Indonesia Harvard University.

"Pak Prabowo kembali unggul 36,3%, Ganjar 32,4% dan Anies 20,0%. Tapi, kalau kita bandingkan dengan survei-survei lembaga survei lain, Pak Prabowo kembali unggul hampir 4% dari Pak Ganjar dan Pak Anies suaranya relatif konstan," ungkap Kennedy dalam survei bertajuk 'Peta Persaingan Capres Cawapres dan Isu-Isu Terkini' pada Minggu (10/9/2023).

Menariknya, head to head simulasi dua nama antara Prabowo dan Anies juga menemukan Prabowo unggul jauh atas Anies dengan selisih 30%.

Pada data yang diungkap Polling Institute, Kennedy menjabarkan simulasi jika pilpres diadakan pada hari ini dan tersisa dua nama, yakni Prabowo dan Anies, Prabowo akan menang telak melawan Anies.

"Di dua nama Prabowo dan Anies jauh lebih unggul lagi Prabowo vs Anies selisihnya jauh lagi 30%. Prabowo 56,0% sementara Anies 26,0%. Karena asumsinya, pendukung Ganjar lari ke Prabowo," papar Kennedy.

Survei ini dilakukan pada periode 21-26 Agustus 2023 dengan menggunakan Metodologi Random Digit Dialling atau pembangkitan nomor telepon secara acak.

Halaman:

Editor: Felix Tendeken

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah