Identitas Kependudukan Digital (IKD) Jadi Fokus Utama Pemerintah Kota Kotamobagu

- 1 Mei 2024, 15:00 WIB
Ilustrasi Aktivasi IKD
Ilustrasi Aktivasi IKD /

PORTAL KOTA - Dalam upaya meningkatkan efisiensi pelayanan publik, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu memprioritaskan penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) bersama dengan dokumen kependudukan lainnya.

Menurut Kepala Disdukcapil Kota Kotamobagu, Roy Paputungan, IKD kini menjadi sangat vital. Selain mengikuti tren digitalisasi kependudukan, IKD juga bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan publik atau privat secara digital.

Lebih dari itu, IKD juga dianggap sebagai langkah penting dalam mengamankan kepemilikan identitas digital, dengan sistem autentikasi yang diterapkan untuk mencegah pemalsuan dan kebocoran data.

"Penerapan IKD didasari oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2022, yang mengatur tentang standar dan spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak, dan blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik serta pelaksanaan IKD," ujar Roy di kantornya, Senin (29/4/2024).

Roy menjelaskan bahwa implementasi IKD saat ini difokuskan pada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu.

"Di Kota Kotamobagu, penerapan IKD sudah dimulai. Tahap awalnya ditujukan untuk ASN. Kami telah mengaktivasi sebanyak 1820 IKD hingga akhir April ini," tambahnya.

Selanjutnya, kata Roy, pihaknya akan memperluas cakupan penerapan IKD kepada Pelajar, Mahasiswa, dan masyarakat umum. "Target kami adalah 25 persen dari total data penduduk Kota Kotamobagu, sejalan dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat," ungkapnya.

Roy juga mengajak masyarakat yang berminat untuk mengaktifkan IKD secara mandiri untuk datang langsung ke Kantor Disdukcapil Kota Kotamobagu. "IKD telah diperkenalkan oleh pemerintah pusat sejak tahun 2022, dan sekarang kami secara bertahap menerapkannya untuk digunakan oleh masyarakat. Oleh karena itu, bagi yang berminat, silakan kunjungi langsung kantor kami," tutupnya.

IKD merupakan informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui perangkat gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan. (Pikiran Rakyat Media Network)

Halaman:

Editor: Suprianto Suwardi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah