PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat - Pada Jumat 1 Juli 2022 PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan skutik pencarian New Honda ADV160, yang merupakan Kaka dari Honda ADV 150.
New Honda ADV 160 masih menggunakan gaya adventure namun bermesin matic, tetapi banyak hal baru yang dibuat PT AHM untuk New Honda ADV 160.
New Honda ADV160 dipasarkan dengan dua tipe ABS dan CBS dengan total 6 varian warna. Tipe ABS dipasarkan Rp 39.250.000 (On The Road Jakarta).
Sementara itu tipe CBS yang dipasarkan seharga Rp 36.000.000 (On The Road Jakarta)
New Honda ADV160 memiliki desain urban explorer yang tangguh dan kokoh, seperti bodi samping belakang yang memiliki penampang lebih lebar, dan bodi samping depan yang lebih tajam yang membuat ruang pijakan kaki lebih luas.
Berubahnya bentuk bodi samping menambah luas volume bagasi. Model ini memiliki ruang penyimpanan sebesar 30 liter (naik 2 liter) yang dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam menyimpan barang.
Dari tampilan depan, desain lampu dipertahankan dengan LED dan daytime running lights (DRL) yang modern.
Baca Juga: AHM Resmi Rilis New Honda ADV 160, Apakah Bakal Menjadi Pesaing All New Nmax 2022?
Di belakang, skutik ini dilengkapi lampu stop dan lampu sein LED, dipadukan dengan sepatbor yang memiliki desain layaknya motor besar.
Two step adjustabe windshield-nya membuat aerodinamika semakin baik. Windscreen yang biasa digunakan pada motor besar, tingginya dapat disesuaikan 75 mm dalam dua tingkat ketinggian dengan pengoperasian yang mudah.
Tinggi jok kini menjadi 780 mm, atau lebih rendah dari sebelumnya (berkurang 15 mm), dipadukan dengan ground clearance New Honda ADV160 yang cukup tinggi, yakni 165 mm.
Kombinasi tersebut semakin memberikan kenyamanan pengendara saat menjelajah berbagai kondisi jalan.
Desain suspensi depan yang kokoh serta penyematan wavy disc brake sebesar 240mm pada roda depan dan sebesar 220 mm pada roda belakang memberikan kestabilan dalam melakukan pengereman serta tampil semakin sporti dan terdepan di kelasnya.
Pada bagian belakang, disematkan twin subtank rear suspension untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan optimal pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan.
Baca Juga: New Honda Neo Sports Cafe CB300R, Apakah Bisa Jadi Penantang Yamaha XSR 300
Penggunaan tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 – 14 (depan) serta 130/70 – 13 (belakang) semakin memberikan kesan gagah dan tampil beda.
Mesin
- Tipe Mesin
4-Langkah, DOHC 4-Katup - Tipe Pendinginan
Liquid Cooled - Sistem Suplai Bahan Bakar
PGM-FI (Programmed Fuel Injection) - Volume Langkah
149,16 cc - Diameter x Langkah
- 57,3 x 57,843 mm
- Perbandingan Kompresi
11,3 : 1 - Daya Maksimum
11,5 kW (15,6 PS) / 9.000 rpm - Torsi Maksimum
13,8 Nm (1,41 kgf.m) / 7.000 rpm - Tipe Transmisi
Manual, 6-Percepatan
Tipe Kopling
Multiple Wet Clutch with Coil Spring
Tipe Minyak Pelumas
Wet - Kapasitas Minyak Pelumas
1,1 liter (Penggantian Periodik).
Rangka
- Tipe Rangka
Diamond Type, Steel - Ukuran Ban Depan
100/80-17M/C 52P, Tubeless - Tipe Rem Depan
Wavy Disc Brake - Tipe Rem Belakang
Wavy Disc Brake - Tipe Suspensi Depan
Showa 37 mm Inverted Telescopic, 150 mm Stroke - Tipe Suspensi Belakang
Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Pro-Link)
Dimensi
- Panjang x Lebar x Tinggi
2.031 x 796 x 1.309 mm - Jarak Sumbu Roda
1.315 mm - Jarak Terendah Ke Tanah
181 mm - Tinggi Tempat Duduk
817 mm - Berat Kosong
139 k - Kapasitas Tangki Bahan Bakar
12 liter
Sistem Pengapian
Full Transisterized