6 Alasan produk China Tidak Lagi Dipandang Sebelah Mata di Dunia Otomotif

- 4 September 2023, 20:27 WIB
Wuling New Almaz RS salagh satu produk otomotif dari China.
Wuling New Almaz RS salagh satu produk otomotif dari China. /laman resmi kanal youtube autonetmagz/

Portal Kotamobagu - Persaingan dalam industri otomotif global menjadi semakin intens, dan China dengan ambisi besar telah memasuki panggungnya.

Dengan tekad untuk menjadi pemain terkemuka dalam ekspor kendaraan penumpang, China menantang dominasi yang telah lama dipegang oleh Jerman dan Jepang.

Keberhasilan China dalam mencapai posisi terdepan di pasar otomotif di Timur Tengah dan Amerika Latin adalah hasil dari strategi bisnis yang mengombinasikan harga kompetitif dengan kualitas yang tetap bersaing.

Jika ambisi China ini tercapai, peta persaingan industri otomotif global akan berubah secara signifikan dan mungkin akan menimbulkan ketegangan dengan mitra dagang dan pesaingnya.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang bagaimana China mulai menguasai pasar otomotif global.

Baca Juga: Honda GB 750 dan Honda CL 750 Scrambler: Pengantar Sepeda Motor Menggoda di Tahun 2024

1. Ekspor Mobil China Melonjak Pesat

Menurut data yang dirilis oleh Asosiasi Mobil Penumpang China, ekspor mobil buatan China telah meningkat tiga kali lipat sejak tahun 2020, mencapai lebih dari 2,5 juta unit pada tahun lalu.

Meskipun masih kalah dari Jerman yang memimpin dalam hal ekspor mobil, ekspor China semakin mendekati angka ekspor Jepang.

Bahkan, China telah berhasil mengejar Amerika Serikat dan Korea Selatan dalam hal volume ekspor. Hal ini menunjukkan bahwa China saat ini menjadi pesaing yang tangguh bagi raksasa otomotif yang sudah mapan.

Halaman:

Editor: Suprianto Suwardi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah