Honda Gemparkan Segmen Light Off Road, XR150LEK Motor Trail Hadir Memikat Hati dengan Desain Baru dan Fiturnya

- 13 Mei 2023, 17:14 WIB
Honda Gemparkan Segmen Light Off Road, XR150LEK Motor Trail Hadir Memikat Hati dengan Desain Baru dan Fitur Seru!
Honda Gemparkan Segmen Light Off Road, XR150LEK Motor Trail Hadir Memikat Hati dengan Desain Baru dan Fitur Seru! /

portalkotamobagu.com - Motor trail selalu memiliki pesona tersendiri bagi para petualang jalanan.

Nah, di Amerika Latin, khususnya di Mexico, Honda memperkenalkan varian yang tak kalah menarik, yaitu Honda XR150LEK 2023.

Motor trail ini hadir dengan desain baru yang menggoda hati konsumen. Tapi, ada satu pertanyaan yang mungkin menggelitik: Apakah mesinnya sama dengan CRF150L yang ada di Indonesia? Mari kita bahas lebih detail!

Jadi, sebenarnya Honda XR150LEK bukanlah motor baru di segmen light off-road. Sebelumnya, motor ini sudah meramaikan pasar di berbagai negara, termasuk Filipina dengan nama Honda XR150L.

Tapi, di Mexico, Honda memberikan sentuhan berbeda dengan menambahkan huruf "EK" di belakang namanya. Wah, rahasia singkat "EK" itu apa ya?

Jangan salah, perbedaan antara XR150LEK dan CRF150L versi Indonesia sungguh mencolok. Pertama, desainnya sudah pasti beda banget.

Meskipun keduanya mengusung konsep motor off-road yang bisa digunakan di jalanan biasa, XR150LEK tampil lebih gagah dan menawan.

Spakbor depannya diposisikan lebih tinggi seperti motor trail pada umumnya. Ditambah lagi, lampu depannya dilengkapi dengan cover yang membuatnya semakin misterius.

Belum lagi knalpot belakangnya yang undertail dan terletak di sisi kanan. Oh iya, jangan lupakan kaki-kaki tangguh dengan ban dual purpose dan velg jari-jari yang siap melibas medan berat!

Ngomong-ngomong soal perbedaan, suspensi depan juga jadi poin penting. CRF150L sudah menggunakan suspensi depan upside-down yang ciamik, sedangkan XR150LEK masih setia dengan suspensi teleskopik biasa yang dilengkapi karet spiral pelindung sokbreker.

Terus, rem belakangnya? Kali ini masih menggunakan teknologi drum brake alias "teromol" klasik yang bikin kangen masa lalu.

Nah, kalau kamu tahu apa bedanya joknya? Joknya lebih tebal dan desainnya lebih bulat, bikin penumpangnya nyaman banget!

Eh, sekarang gimana dengan mesinnya? Banyak orang yang penasaran, lho! Wajar sih, soalnya kalau kita bahas CRF150L, pasti langsung terbayang mesinnya yang mirip dengan Honda Verza.

Padahal, enggak sepenuhnya benar, guys! Mesin CRF150L memang punya perbedaan dengan Verza. Nah, gimana dengan XR150LEK ini? Jika kamu lihat crankcase-nya, pasti langsung kepikiran mesinnya mirip Verza.

Tapi, ada satu hal penting yang harus kamu ingat, baik Verza maupun CRF150L sudah menggunakan sistem pengabutan bahan bakar injeksi, sedangkan XR150LEK masih setia dengan karburator yang bikin mesinnya tetap bergaya klasik.

sempurna mirip dengan mesin Verza, XR150LEK masih mempertahankan penggunaan karburator yang memberikan sentuhan retro pada performanya.

Bahkan, versi yang dijual di Amerika Serikat juga masih mengandalkan karburator. Wah, sepertinya ini menjadi saingan yang seru bagi Kawasaki KLX150L, nih!

Mesin 149cc silinder tunggal SOHC berpendingin udara menjadi jantung pacu XR150LEK. Menurut situs web resmi Honda Mexico, tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai angka 12,3 Hp pada 7.750rpm, sementara torsi mencapai 13,0 Nm pada 6.000rpm.

Motor ini dilengkapi dengan transmisi 5 percepatan yang memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan kecepatan dengan kondisi jalan yang dihadapi.

Dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 12 liter ditambah cadangan 3,5 liter untuk perjalanan jarak jauh, XR150LEK siap mengantarkan petualangan tanpa batas.

Tinggi joknya mencapai 825mm, sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara, dan dengan bobot hanya 129 kg, motor ini sangat lincah di segala medan.

Tak lupa, ukuran ban 90/90-19 inch di bagian depan dan 110/90-17 inch di bagian belakang menambah daya cengkeramnya di berbagai medan yang dijelajahi.

Tak hanya itu, fitur-fitur yang ditawarkan XR150LEK juga patut diperhatikan. Meski tidak sekomplit CRF150L yang telah menggunakan panel speedometer digital, XR150LEK masih menggunakan panel analog yang memberikan sentuhan klasik pada tampilannya.

Namun, yang menarik adalah kehadiran dua pilihan starter, yaitu elektrik dan kick start, yang memberikan fleksibilitas saat menghidupkan mesin.

Meskipun lampu masih menggunakan bohlam biasa, keunggulan lainnya tak bisa diabaikan.

Untuk harga, pihak Honda Mexico membanderol XR150LEK dengan harga Mxs$ 48,990 atau setara dengan Rp.41 jutaan.

Harganya memang jauh berbeda dengan XR150L di Filipina yang dijual seharga Rp. 26 jutaan atau setara dengan 96,900 Peso. Wah, terlihat cukup terjangkau, ya? Tak kalah dengan Honda Verza. ***

 

Editor: Suprianto Suwardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x