Suzuki S-Presso, Si Mungil yang Paling Nyaman Diajak Jalan di Perkotaan

- 4 Februari 2023, 21:29 WIB
Suzuki S-Presso
Suzuki S-Presso /Felix Tendeken/

PORTAL KOTAMOBAGU Pikiran Rakyat-Suzuki S-Presso adalah mobil berukuran mungil yang diminati oleh konsumen di daerah perkotaan.

Selain dapat dijadikan sebagai kendaraan harian, mobil ini mudah beradaptasi ditengah kemacetan lalulintas di kota yang padat, serta mudah diparkir di lahan parkiran terbatas.

Seperti yang diketahui, mobil ini telah diperkenalkan dalam event GIIAS 2022 oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Agustus lalu.

Harga yang dibanderol pun semungil Suzuki S-Presso, sehingga membuatnya laris manis di pasar otomotif tanah air.

Mobil buatan India ini memiliki dimensi (PxLxT) 3.565 mm x 1.520 mm x 1.565 mm dengan wheelbase 2.380 mm.

Bobot mobil ini pun cukup ringan yakni hanya 1.170 kg.

S-preso seperti berusaha keras untuk tampil macho dengan aksesoris dan bemper depan yang tebal.

Lampu depan dan belakang masih mengandalkan halogen.

Dimensi mobil ini mungkin terlihat kecil, namun kabin Suzuki S-Presso dapat memuat hingga lima penumpang dewasa, namun akan terasa kalau ini mobil compact.

Naikan empat orang dan akan membuat kabin terasa lega.

Yang agak disayangkan adalah bagasi.

Masih bisa menampung galon air mineral atau koper besar memang.

Tapi kalau memerlukan ruang ekstra, sandaran jok belakang bisa dilipat tapi tidak rata lantai.

Nah, perihal kemasan interior lain, meski tak terlihat ‘high tech’ dan tidak ada kesan mewah namun cukup unik.

Sayang, pembuka kaca belakang masih model engkol, belum power window.

Perangkat head unit multifungsi dan speedometer digital pada dasbornya pun cukup fungsional.

Kualitasnya mengikuti harga, jangan terlalu berharap banyak.

Fitur keselamatan standar Suzuki S-Preso juga cukup mumpuni.

Mulai dari sistem pengereman dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), sepasang airbag pada dashboard dan kemudi hingga sensor parkir belakang.

Mesin 3-silinder 998 cc DOHC berkode K10C yang diusung sama seperti yang digunakan Suzuki Karimun Wagon R.

Output performanya tidak besar dengan tenaga maksimum 68 HP pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 90 Nm pada 3.500 rpm.

Mesin mobil ini pun telah berstandar emisi Euro 4. Jujur, mesin ini cukup tangguh dalam hal menanjak.

Mungkin karena didukung bobot yang ringan.

Sedangkan untuk pilihan transmisi, tersedia versi transmisi manual 5-speed maupun transmisi automated-manual (AGS) 5-speed, seperti yang kami coba.

Perpindahannya memang perlu pembiasaan, tidak seperti metik biasa.

Yang patut diacungi jempol, mobil ini konsumsi BBM-nya terbilang irit.

Untuk penggunaan dalam kota konsumsinya sekira 17-18 km/l.

Untuk pengendaraan di jalan tol pada rentang kecepatan rata-rata 80-90 km/jam, Konsumsinya di kisaran 21-22 km/l.

Tapi ingat, itu semua tergantung kondisi dan cara berkendara.

Mengingat setting suspensi pada Suzuki S-Presso terbilang agak keras dan ukuran body yang mungil, maka bantingan suspensi cukup terasa kuat saat melintasi jalan bergelombang maupun saat bermanuver, tapi masih cukup meyakinkan.

Sejatinya, mobil ini memang dirancang untuk pengendaraan dalam kota dan bukan untuk kebut-kebutan di jalan tol.

Jadi, kami menyadari ini dan tak perlu ngotot dan memaksakan diri untuk memacunya.

Mengenai harga, varian Suzuki S-Preso bertransmisi manual dibanderol seharga Rp 155 juta.

Sedangkan untuk versi transmisi automated-manual (AGS) harganya Rp 164 juta. Cukup menarik untuk jadi mobil pertama.

Diluar semua kelebihan dan kekurangannya, Suzuki S-Presso menawarkan harga yang sangat terjangkau untuk para konsumen pemula, Suzuki S-Presso dapat menjadi pertimbangan bagi pengguna yang mengutamakan kepraktisan dan mengedepankan utilitas pengendaraan harian dalam kota. (***)

Editor: Felix Tendeken

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x