Ducati DesertX VS KTM 890 Adventure R Siapa Pemenangnya? Cek Harga dan Spek Yuk!

22 Januari 2023, 08:55 WIB
Ducati DesertX VS KTM 890 Adventure R /Tangkapan layar Youtube/Cycle News

PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat - Ducati telah meluncurkan sebuah model motor ADV baru yang diberi nama Ducati DesertX.

Ducati mengklaim bahwa DesertX dibangun dengan tenaga dan desain yang sangat kuat sehingga bisa bersaing dengan motor ADV dari pabrikan lainnya.

Pertanyaannya, apakah DesertX juga bisa menyaingi KTM yang sejak lama dikenal sebagai rajanya motor ADV?

Dengan melihat kemampuan yang dimiliki Ducati DesertX, maka pada artikel kali ini Porkot akan membandingkannya dengan motor 890 Adventure R milik KTM.

Baca Juga: Ducati MH900E Buatan Gareth Roberts asal London Kini Bisa Dibeli, Harganya Wow

Jika diperhatikan sepintas, KTM 890 Adventure R akan menang saat membandingkannya dengan Ducati DesertX.

Apalagi, 890 Adventure R telah teruji dan mengalahkan motor dengan mesin ADV selama beberapa tahun terakhir.

CycleNews mengabarkan bahwa sebenarnya Ducati dan KTM adalah monster yang sangat berbeda dan dirancang untuk pengendara yang bisa dibilang berbeda, tetapi tidak dapat disangkal niat sportif dari kedua mesin tersebut. Tetapi ada beberapa area utama yang harus disorot.

Ducati DesertX dijual dengan harga $17.095 atau jika dirupiahkan seharga Rp270.386.235. Harga tersebut lebih mahal dari KTM yang seharga $14.199 atau Rp213.883.800.

Dengan kata lain, dari aspek harga jelas bahwa KTM 890 Adventure R masih unggul atas Ducati DesertX.

Sayangnya hanya ada satu pilihan yang diberikan kepada motor Ducati ini yang memiliki 110 tenaga kuda pada torsi 68 lb-ft dari 11° Testastretta L-twin.

Motor ini dilengkapi sasis baja tubular, suspensi KYB dan semua hiasan elektronik, termasuk enam Mode Berkendara, empat Mode Daya, Kontrol Wheelie Ducati (DWC ), Engine Brake Control (EBC), ABS menikung dengan mode off-road.

DesertX juga diperlengkapi dengan fitur Ducati Quick Shift up/down (DQS), cruise control, sistem pencahayaan full LED, Daylight Position Lamp (DRL), Ducati Brake Light (DBL yang berkedip selama berhenti darurat), soket daya USB, soket 12V, dan indikator pembatalan sendiri.

Sedangkan KTM 890 Adventure R memiliki spesifikasi bertahap yang bisa didapatkan setelah pembelian, dan itu benar-benar hanya ada pada Rally Pack dengan tambahan $500 sesuai kebutuhan.

Rally Pack memberi Anda mode throttle Rally untuk mengikuti mode Street, Off-Road, dan Rain dan juga membuka kontrol traksi sembilan tingkat yang dapat disesuaikan.

Teknologi pada Rally Pack ini berbeda dengan kontrol traksi on/off reguler yang dimiliki oleh KTM versi standar.

Ada juga Motor Slip Regulation KTM, yang bekerja dengan slipper clutch dan membuka katup throttle sedikit untuk memberikan perlambatan yang lebih terkontrol jika Anda memotong throttle dengan keras atau jika tingkat cengkeraman rendah seperti di jalan setapak.

Selain itu, KTM memiliki mesin paralel-kembar 889cc bertenaga 100 tenaga kuda pada 74 lb-ft, sasis baja tubular dengan tangki bahan bakar yang dipasang rendah di dekat lutut pengendara, soket daya 12V, cruise control, dan 0,74 inci.

Ini membuat lebih banyak perjalanan suspensi belakang pada 9,4 inci (depan juga 9,4 inci, dibandingkan Ducati 9,06).

Dengan wheelbase 63,3 inci, steering rake 27,6° dan berat basah 492 pound, Ducati memiliki dimensi yang jauh lebih santai dibandingkan dengan angka KTM 60,2 inci/26,3°/464-pound.

Ducati juga lebih lambat di kemudi daripada KTM, tapi lebih stabil, yang berarti mengendarai DesertX membutuhkan kepercayaan diri yang lebih besar meski posisi berkendara yang lebih rangier juga lebih nyaman untuk waktu yang lama di sadel dibandingkan dengan sifat kompaknya KTM.

Selain itu, DesertX dengan lengan ayun yang panjang membantu sasis melacak dengan indah di medan yang kasar tanpa mengirimkan tekanan yang tidak semestinya ke bagian depan motor.

Sementara sasis KTM yang lebih pendek dan lebih tajam cocok untuk pengendara kelas atas yang ingin mengacaukannya.

Namun, garpu WP Xplor KTM dan kombinasi kejut jelas lebih unggul dari unit KYB Ducati ketika keadaan menjadi sangat kasar.

Perbedaan juga tampak pada ketinggian jok hampir identik antara kedua motor, ukuran Ducati hanya 0,2 inci lebih rendah dari 34,4. Remnya sama di kaliper empat piston Brembo monobloc yang dipasang secara radial dan ABS off-road.

Dan, bobot berada dalam jarak dua pound dengan bahan bakar penuh di 492 untuk Ducati dan 490 untuk KTM. Kapasitas bahan bakar mendekati 5,54 galon untuk Ducati dan 5,3 untuk KTM.

Namun, Ducati telah mencetak kartu as atas KTM di departemen perjalanan dengan merancang bagian belakang sepeda motor untuk membawa tangki bensin tambahan aksesori perusahaan yang memompa kapasitas hingga 7,9 galon, sama dengan BMW R 1250 GS Adventure.

Jadi, mana yang unggul antara Ducati DesertX dan KTM 890 Adventure R? Hanya pembaca yang bisa menjawabnya.***

Editor: Sahril Kadir

Sumber: cyclenews.com

Tags

Terkini

Terpopuler