PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat-Perusahaan otomotif raksasa asal Jepang, Honda tidak pernah main-main dalam mengeluarkan produk-produk unggulan perusak pasar seperti Honda X-ADV sepeda motor matic berkapasitas mesin besar.
Meski tergolong mahal karena dipasarkan dengan harga Rp 450 juta (OTR), sepeda motor matic ini bisa diajak berpetualang ke medan berat layaknya motor trail.
Modelnya pun terbilang unik dan jarang ditemui pada produk lainnya.
Berbagai perangkat berteknologi tinggi terpasang dalam motor ini, seperti mode berkendara yang terbagi dua, yaitu drive dan sport.
Menariknya dalam mode sport terbagi dalam tiga pilihan, lalu pilihan apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.
Berikutnya, HSTC (Honda Selectable Torque Control).
Fasilitas ini menjaga putaran roda belakang layaknya kontrol traksi.
Namun yang spesial, bisa diatur hingga tiga tingkatan.
Plus, bisa dimatikan juga.
Saat HSTC dimatikan, tekan lagi tombol G Switch.
Maksud G di sini Gravel.
Artinya, kala motor melalui medan kerikil atau tanah, tombol itu membuat tenaga motor makin tersalur instan.
Mirip saat kopling dihentakkan pada transmisi manual.
Uniknya, gendongan mesin dua silinder 745cc DOHC PGM-FI tidak dikawinkan dengan transmisi CVT, biarpun menyandang titel skuter.
Ia memakai gearbox otomatis 6-speed berkopling ganda (DCT).
Otomatis, perpindahan gigi bisa lebih singkat sekaligus halus.
Alhasil memainkan output 54,5 PS dan torsi 68 Nm lebih menyenangkan lagi
Untuk menunjang berkendara di medan berat, Honda memasangkan suspensi upside down berukuran 41 mm di depan. Di belakang ada suspensi Pro-link dengan 10 setelan.
Berikut Spesifikasinya :
Dimensi
2.245mm x 910mm x 1.375mm
Kapasitas tangki bahan bakar 13,1 L
Ground Clearance 162 mm
mengekang Berat
238 kg
Tinggi Kursi
820 mm
Dasar Roda
1,588 mm
Jenis mesin
Berpendingin Cairan, 4 Tak, SOHC Dua Silinder
Pemindahan 745 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar PGM-FI (Sistem Injeksi Bahan Bakar Terprogram)
Lubang × Stroke
77 x 80 mm
Rasio kompresi
10,7 : 1
Maks. Kekuasaan
40,3 kW/6,250 rpm
Maks. Torsi
68,0 Nm/4,750 rpm
Penularan
DCT, 6 Kecepatan
Sistem Mulai
Listrik
Sistem Kopling
Kopling Ganda Hidrolik Ganda Basah
Kapasitas Minyak
3,2 L (pertukaran berkala)
Jenis Bingkai
Berlian, Baja
Ukuran Ban Depan 120/70R17M/C 58H
Ukuran Ban Belakang 160/60R15M/C 67H
Sistem Rem Depan
Hidrolik, Cakram Ganda 296 mm
Sistem Rem Belakang
Hidrolik, Cakram 240 mm Tunggal
Sistem Rem
ABS 2 Saluran
Tipe Suspensi Depan
Showa, Garpu Teleskopik Terbalik 41mm yang Dapat Disesuaikan
Tipe Suspensi Belakang
Lengan Ayun Aluminium, Monoshock yang Dapat Disesuaikan
Jenis pengapian
Penuh Transisterized, Baterai
Jenis Busi NGK IFR6G-11K
Lampu Depan Hai 11 W x 2 LED
Lampu Belakang
Rendah 7,27 W x 2 LED
Jenis pengapian
Penuh Transisterized, Baterai
Jenis Busi NGK IFR6G-11K
Lampu Depan Hai 11 W x 2 LED
Lampu Belakang
Rendah 7,27 W x 2 LED.
Sumber : www.astra-honda.com