PORTAL KOTAMOBAGU.Pikiran Rakyat – Mobil dengan capaian penjualan terbaik tahun 2022 kemarin, masih diraih oleh Merek Populer Toyota. Namun bukanlah Jenis SUV seperti Raizem yang punya mesin turbo.
Pertahanan Toyota adalah capaian yang harus diakui sebagai brand ternama di Indonesia. sebagai merek mobil terlaris di Indonesia untuk tahun 2022 kemarin.
Penjualan tertinggi Toyota, bukan juga di dominasi oleh Mobil Mewah milik Toyota, seperti Innova atau Toyota Alphard yang banyak dicari konsumen Premium. Namun pada jenis Mobil SUV yang terjual sebanyak 331.410 unit.
Prestasi Toyota dengan market share 31,6 persen tahun 2022, berkat kontribusi penjualan di atas 331 ribu unit, otomatis menjadikannya pemimpin penjualan di pasar otomotif tanah air.
Merangkum data internal yang dibagikan situs resmi PT Toyota Astra Motor (TAM), catatan angka penjualan ratusan unit dari Toyota dilakukan selama periode Januar-Desember 2022 kemarin.
Jika sebelumnya tahun 2021, dealer Toyota Mobil seluruh Indonesia baru bisa menjual pada angka 295 ribu unit. Artinya tahun 2022, mengalami kenaikan sebanyak 12,1 Persen.
Baca Juga: Honda Rebel Berubah? Ketahui Apa Saja Sentuhan Baru Pada Jenis Moge Cruiser Ini
Dilansir dari Gridoto.com. Vice President PT TAM, Henry Tanoto, pertumbuhan ini dipengaruhi oleh pulihnya perekonomian nasional dan adanya peningkatan daya beli masyarakat.
Dibuktikan juga dengan pasar otomotif Indonesia yang mengalami pertumbuhan, hingga menutup 2022 lalu dengan penjualan di atas satu juta unit mobil baru.
"Kami bersyukur hingga saat ini masih bisa berjalan selaras dengan market serta mempertahankan tren positif pertumbuhan penjualan di sepanjang 2022 mencapai lebih dari 331.000 unit," ujar Henry dalam siaran resmi TAM, Selasa (24/1/2023).
Baca Juga: Perbaiki Segera! Hatimu Adalah Cerminan Kuburanmu, Begini Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah
"Kami berharap, tren ini akan terus berjalan kearah yang positif sehingga Toyota dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam," imbuhnya.
Tingginya capaian nominal penjualan mobil baru dari Toyota, tidak lepas dari kontribusi Avanza dan Veloz yang tampil mendominasi dengan angka penjualan mencapai 92.641 unit.
Dari buku PT ATM, Toyota Avanza mencatatkan angka penjualan mencapai 60.619 unit sedangkan Veloz berhasil menyerahkan 32.022 unit baru ke tangan Konsumen dari Pabrik melalui Dealer Toyota.
Baca Juga: Cek Skuter Retro dan Klasik Ini Sebelum Nyesel Beli Vespa, Begini Spek Royal Alloy TG150
Toyota Avanza pun diklaim alami peningkatan penjualan hingga 49 persen, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya berada di level 40.777 unit.
Segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) yang dihuni oleh kedua model tersebut, otomatis secara komposisi berkontribusi sebesar 57,6 persen dari total penjualan Toyota di Indonesia.
Capaian dari Toyota ini, menambah referensi bagi pemula mencari kendaraan pribadi harian atau untuk usaha di tanah air. ***