Gendong Mesin 889,5 cc, Motor Husqvarna Norden 901 Adventure Banget

- 28 November 2022, 14:39 WIB
motor Husqvarna Norden 901
motor Husqvarna Norden 901 /

PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat - Kehadiran motor Husqvarna Norden 901 diprediksi akan menjadi penantang motor-motor Adventure di kelasnya. Seperti Tiger 900, KTM 890 Adventure, BMW F 850 Adventure GS, hingga Honda Africa Twin yang lebih dulu eksis di pasar domestik.

Jika melihat tampilannya, memang motor ini membawa suasana baru untuk motor berkubikasi besar adventure, dan sangat cocok bagi jiwa-jiwa petualang. 

Motor Husqvarna Norden 901 miliki tubuh terbilang kompak namun jangkung, serta visualnya bisa dibilang anti-mainstream, berbeda dengan tunggangan sekelas yang mengusung model serba tajam. Namun desainnya mengarah neo klasik.

Dengan desain sangar tersebut, Norden 901 dibekali frame berjenis Chromium Molybdenum Steel & Trellis. Jenis ini diklaim punya kelenturan dan keseimbangan yang baik, sehingga bisa diandalkan untuk berpetualang.

Kedua rodanya berukuran belang. Depan pakai pelek jari-jari 21 inci sementara di belakang berukuran 18 inci. Vendor ban yang digunakan adalah Pirelli Scorpion Rally berjenis tubeless.

Desain tangguhnya kemudian dituangkan lewat suspensi depan berjenis upside-down garapan WP APEX dengan travel tinggi 200 mm. Sementara di belakang mengandalkan monoshock dengan sudut kemiringan 45 derajat. Seluruh sistem peredaman sudah dibekali dengan pengaturan rebound dan preload.

Adapun spesifikasi Norden 901 memiliki ground clearance 252 mm, steering head angle 64,2 derajat, dan berat kering di 204 kg. Sayang tak ada informasi lebih detail terkait dimensi keseluruhan dari motor ini

Motor tersebut  menggendong mesin 889,5 cc, dua silinder, 4-tak, DOHC, parallel twin yang juga jadi platform KTM 850 Adventure. Enjin ini memiliki bore x stroke: 90,7 mm x 68,8 mm dengan kompresi di 13,5:1. Dengan racikan, Norden 901 mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 105 hp dan torsi puncak menyentuh 100 Nm. Output kemudian disalurkan lewat transmisi 6-percepatan.

Buat mengimbangi performa mesinnya, roda depan sudah dikawal dengan pengereman cakram gandang 320 mm radial floating dengan jumlah total 8 piston. Sementara di belakang menggunakan cakram tunggal 2 piston floating berukuran disc 260 mm

Halaman:

Editor: Jhonly Ade Sweetno Kaletuang

Sumber: Diolah Dari Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x