PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat-Saat ini di Indonesia mobil kelas hatchback dan lcgc masih menjadi pilihan konsumen untuk dijadikan sebagai kendaraan utama.
Seperti Daihatsu Sirion dan Honda Brio RS yang hadir dengan membawa berbagai penyegaran mengikuti tuntutan konsumen dan perkembangan zaman.
Seperti yang diketahui, secara spesifikasi Sirion berada satu tingkat di atas Brio RS dan satu tingkat di bawah Toyota Yaris.
Namun Sirion menawarkan harga yang cukup terjangkau, dengan mesin yang lebih besar ketimbang Brio RS.
Sirion sendiri menggendong mesin 1NR-VE berkapasitas 1.329 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 93,7 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 119 Nm di 4.200 rpm.
Sementara Brio RS dengan penyegarannya tetap dipersenjatai mesin 1.199 cc bertenaga 90 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm di rpm 4.800.
Secara perbandingan, tenaga Brio dengan mesin yang lebih kecil, tergolong cukup bersaing hanya kalah 3,7 HP ketimbang milik Sirion.
Sedangkan torsinya kalah telak mencapai 29 Nm.
Meski begitu konsumsi BBM Honda Brio sangat irit, bisa dibilang menjadi salah satu faktor penting yang membawa city car hatchback ini menuai sukses di Indonesia.