TVS Ronin vs Royal Enfield Hunter, Siapa Paling Unggul di Antara Dua Motor Retro ini?

2 Juli 2023, 15:26 WIB
TVS Ronin vs Royal Enfield Hunter, Siapa Paling Unggul di Antara Dua Motor Retro ini?/Auto Car India /

  • Perbandingan antara TVS Ronin dan Royal Enfield Hunter menarik perhatian para pecinta sepeda motor. Meskipun Hunter memiliki desain yang lebih sederhana dan proporsi yang lebih baik, Ronin menawarkan fitur yang lebih lengkap dan tampak lebih besar.

  • Dalam hal kenyamanan berkendara, Ronin memiliki keunggulan dengan posisi duduk yang lebih nyaman dan kopling yang lebih ringan. Meskipun demikian, Hunter memiliki mesin yang lebih bertenaga dan karakter yang khas.

  • Dalam hal nilai uang, Ronin menjadi pilihan yang lebih baik karena menawarkan fitur yang lebih lengkap dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, bagi mereka yang mengutamakan merek dan kebanggaan memiliki Royal Enfield, Hunter tetap menjadi pilihan yang menarik.

Baca Juga: Duel Sengit Kawasaki Versys 650 vs Triumph Tiger Sport 660, Menguak Pemenang di Segmen Sport Touring

PORKOT, Pikiran Rakyat - Dalam persaingan antara TVS Ronin dan Royal Enfield Hunter, terlihat jelas bahwa TVS Ronin diciptakan untuk menantang dominasi Royal Enfield.

Namun, siapa yang menyangka bahwa Royal Enfield akan menawarkan Hunter dengan harga yang begitu terjangkau?

Fakta menariknya, dalam skema warna ini, Hunter 350 dijual dengan harga yang lebih rendah sebesar Rs 4.000 dibandingkan Ronin versi teratas yang kita bahas di sini.

Kedua model versi teratas ini memiliki harga yang sama, yaitu sekitar Rs 1,69 lakh (ex-showroom). Ini akan menjadi cerita yang menarik untuk diikuti.

Penampilan yang Menawan
Dalam hal desain yang sederhana dan tegas, Hunter memiliki tampilan yang lebih menyenangkan di mata, dengan proporsi yang lebih baik dan tidak ada detail desain yang rumit atau aneh.

Di sisi lain, Ronin menarik perhatian dengan lampu depan LED yang funky dan garpu USD berwarna emas, tetapi yang pasti terlihat saat melihat kedua sepeda motor ini bersama-sama adalah Ronin tampak lebih besar.

Baca Juga: Sengitnya Pertarungan Bajaj Pulsar P150 vs TVS Apache RTR 160 2V dalam Segmen 150cc, Siapa yang Unggul?

Hal ini terutama disebabkan oleh tangki bahan bakar Ronin yang lebih tinggi, lebih lebar, dan memiliki bentuk yang tidak biasa.

Garpu suspensi depan yang lebih tebal dan kursi yang lebih lebar juga membantu menciptakan kesan itu.

Di bandingkan, Hunter memiliki postur yang lebih rendah dan ramping, dan dimensi yang lebih kecil ini tentu akan menarik perhatian pengendara yang baru, kurang percaya diri, atau berpostur tubuh lebih kecil - meskipun penggemar Royal Enfield yang sudah ada mungkin tidak menyukainya.

Namun, Ronin juga memiliki beberapa sentuhan desain yang aneh, seperti penutup rantai yang terlalu besar yang mencoba terlihat seperti sistem penggerak sabuk pada sepeda motor cruiser.

Lihat dari sisi lain roda dan Anda akan melihat seberapa besar penutup itu secara tidak perlu. Ronin juga tidak memiliki kemampuan off-road yang sebenarnya, namun tetap dilengkapi dengan ban TVS Rambler berpola blocky.

Di sisi lain, Ronin juga memiliki beberapa fitur bagus seperti tuas yang dapat diatur, cermin stylish, indikator LED yang funky, dan lampu rem strip LED yang keren.

Baca Juga: Waspada Mobil dan Motor yang Gunakan Knalpot Brong! Polri Punya Alat Ukur Kebisingan Baru

Meskipun Hunter tergolong kecil untuk standar Royal Enfield, sepeda motor ini cocok untuk sebagian besar pengendara dan posisi berkendara yang mudah disesuaikan.

Posisi berkendara ini cenderung lebih sporty, dengan pegs yang sedikit terletak di belakang dan sedikit miring ke arah stang.

Di sisi lain, Ronin memberikan posisi berkendara yang sesuai dengan apa yang diharapkan dari Royal Enfield. Rasanya sangat mirip dengan Classic 350 dalam hal posisi kaki yang terletak lebih maju dan posisi duduk yang tegak.

Tempat duduk Ronin juga lebih lebar dan empuk, sehingga secara keseluruhan, sepeda motor ini memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

Kedua sepeda motor ini dirancang untuk unggul di lingkungan perkotaan dan memiliki mesin yang menawarkan performa yang baik di putaran rendah.

TVS Ronin menggunakan mesin baru berkapasitas 225,9cc, empat katup, berpendingin oli yang menghasilkan sekitar 20hp dan torsi sebesar 20Nm. Yang menarik adalah Ronin menghasilkan torsi puncak pada putaran hanya 3.750rpm, yang lebih rendah dari Royal Enfield.

Baca Juga: Revolusi di Pasar Motor Petualang: Zontes 350T ADV vs KTM 390 Adventure

Sementara itu, Hunter menggunakan mesin 350cc yang sama dengan Classic dan Meteor, dengan gigi dan angka daya yang sama.

Meskipun begitu, mesin Hunter memiliki karakter suara yang lebih berdenyut dan menghasilkan suara yang sedikit lebih keras melalui knalpot pendeknya.

Dalam hal daya, Hunter hampir sama dengan Ronin, tetapi mesin yang lebih besar mampu menghasilkan torsi yang lebih besar.

Ada kesamaan dalam pengiriman tenaga, tetapi perbedaan besar terletak pada suara dan sensasi mesin. Ronin memiliki mesin yang halus dan suara knalpot yang ceria, seperti yang diharapkan dari mesin TVS.

Mesin Royal Enfield terasa berbeda, dengan dentuman lambat yang kuat pada putaran rendah, meskipun getarannya menghilang saat RPM meningkat.

Bahkan, pada RPM yang lebih tinggi, mesin Enfield sebenarnya menghasilkan getaran yang lebih sedikit dibandingkan dengan TVS. Dalam hal transmisi 5 percepatan, lagi-lagi, Royal Enfield memiliki perpindahan gigi yang lebih tajam dan presisi.

Mesin TVS memiliki gigi yang lebih pendek dan Anda hampir selalu dapat menggunakan satu atau dua gigi lebih tinggi daripada Hunter, tetapi terasa seperti mesin berputar cukup tinggi setelah melewati kecepatan 80kph.

Meskipun kedua sepeda motor ini tidak benar-benar ditujukan untuk kecepatan tinggi, Hunter terasa lebih santai saat melaju dengan kecepatan 90-100kph.

Kami melakukan pengujian komprehensif terhadap kedua sepeda motor ini, dan hasilnya menunjukkan bahwa Ronin adalah sepeda motor yang lebih cepat dalam setiap parameter yang diukur, meskipun perbedaannya tidak begitu signifikan.

Baca Juga: Revolusi di Pasar Motor Petualang: Zontes 350T ADV vs KTM 390 Adventure

Sementara itu, dalam hal efisiensi bahan bakar, Ronin yang memiliki gigi pendek mengungguli Hunter di kota (32,31kpl vs 30,61kpl), tetapi Hunter memiliki keunggulan di jalan raya (36,62kpl vs 39,84kpl).

Angka-angka ini cukup baik, meskipun kami berharap Ronin yang lebih ringan dengan mesin yang lebih kecil dapat memberikan sedikit lebih banyak efisiensi bahan bakar.

Meskipun tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal performa atau efisiensi, ada dua hal yang membuat kami kurang menyukai Hunter.

Sayangnya, kedua hal ini sulit diabaikan karena harus dihadapi secara konstan dan tidak ada solusi yang mudah atau murah untuk mengatasi masalah tersebut.

Saya cukup menyukai Hunter, saya pikir mesinnya memiliki karakter yang lebih khas dan saya juga berpikir desainnya lebih menarik.

Tidak ada keraguan bahwa ada kebanggaan yang lebih besar terkait dengan merek Royal Enfield.

Namun, tidak ada cara untuk mengabaikan fakta bahwa Ronin menawarkan nilai yang lebih baik untuk uang Anda, dan sepeda motor ini lebih nyaman untuk dikendarai di kondisi kita. Bagi kami, Ronin adalah pemenang dalam perbandingan ini.

Sekarang, mari kita bahas tentang fitur-fitur yang ditawarkan oleh kedua sepeda motor ini. Seperti yang diharapkan, TVS Ronin memiliki keunggulan dalam hal fitur.

Hunter dilengkapi dengan port USB yang dirancang rapi sebagai standar, dan pada model-model teratas keduanya, Anda mendapatkan ABS dua saluran.

Anda juga dapat memilih layar navigasi tripper dari Royal Enfield sebagai tambahan, bersama dengan beberapa aksesori lain yang dirancang dengan baik.

Baca Juga: Revolusi di Pasar Motor Petualang: Zontes 350T ADV vs KTM 390 Adventure

Namun, TVS Ronin memiliki banyak fitur yang lebih lengkap, termasuk lampu depan LED, konsol instrumen digital yang lebih rinci, dua mode ABS, serta sejumlah fitur lain yang diaktifkan melalui konektivitas Bluetooth dan aplikasi seluler khusus.

Selain itu, ada juga kopling slip/assist dan teknologi Glide Through milik TVS, yang memungkinkan sepeda motor ini melaju perlahan tanpa harus memberikan gas.

Semua fitur ini membuat Ronin menjadi sepeda motor yang lebih mudah dan nyaman untuk dikendarai di dalam kota.

Sementara itu, meskipun Hunter memiliki banyak kelebihan dan hanya dua masalah nyata yang harus dihadapinya, kedua masalah tersebut sulit diabaikan karena Anda harus menghadapinya secara terus-menerus, dan tidak ada solusi yang mudah atau murah.

Secara pribadi, saya sangat menyukai Hunter, saya pikir mesinnya memiliki karakter yang lebih kuat dan saya juga menganggapnya lebih menarik dari segi desain.

Tidak diragukan lagi, ada kebanggaan yang lebih besar dengan merek Royal Enfield.

Namun, tidak ada cara untuk mengabaikan fakta bahwa Ronin menawarkan nilai yang lebih baik untuk uang Anda dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman di kondisi jalan kita. Menurut kami, Ronin adalah pilihan terbaik dalam perbandingan ini. ***

DISCLAIMER: Artikel ini dilansir dari laman web Auto Car India yang berjudul: Royal Enfield Hunter 350 vs TVS Ronin comparison. (Artikel Asli Klik di sini)

Editor: Suprianto Suwardi

Tags

Terkini

Terpopuler