Hingga November 2022, PT TAM Jual 303 Ribu Unit Kendaraan Toyota di Indonesia

11 Desember 2022, 16:09 WIB
PT Toyota Astra Motor menjadi peserta dengan booth terbesar di GIIAS 2022. /Pikiran Rakyat/ Aldiro Syahrian/

PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat - Kinerja penjualan mobil Toyota di sepanjang tahun 2022 makin baik.

Hal itu terungkap dalam laporan kinerja penjualan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) sepanjang tahun 2022.

Hingga bulan November, mobil Toyota yang berhasil terjual secara wholesales sebanyak 303 ribu unit.

Jumlah tersebut meningkat sekira 15,2 persen dari tahun sebelumnya dan membuat market share Toyota di tahun ini menjadi 32,2 persen.

Baca Juga: Uji Coba Mobil Terbang di IKN Tahun 2024, Industri Otomotif Indonesia Segera Masuki Era Baru

Torehan penjualan itu juga membuat Toyota optimistis kondisi industri otomotif Indonesia akan makin baik setelah dihantam pandemi Covid-19.

“Iklim perekonomian nasional yang menunjang serta antusias pelanggan yang tinggi, memberi dorongan yang kuat bagi Toyota untuk meningkatkan kinerja pelayanan dalam membantu mobilitas masyarakat," jelas Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto.

"Kami bersyukur ini juga mendapat respon positif dari pelanggan yang terlihat dari pertumbuhan penjualan di atas 15,2% sehingga market share kami kini di posisi 32,2%," Henry Tanoto menjelaskan.

"Kami mengapresiasi upaya pemerintah membangun iklim ekonomi yang positif dan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang tetap mempercayai Toyota sebagai pilihan utama dalam pemenuhan mobilitas," ujarnya lagi dalam keterangan resmi ke Pikiran-Rakyat.com pada Minggu, 11 Desember 2022.

Sementara itu, Toyota Avanza kembali menjadi mobil yang berkontribusi sebagai penjualan terbanyak Toyota sepanjang tahun ini.

Toyota Avanza berhasil membukukan penjualan secara wholesales sebanyak 55.576 unit sehingga menjadi mobil yang paling laris.

Torehan tersebut diikuti oleh low SUV, Toyota Rush yang berhasil terjual sebanyak 41.470 unit. Sedangkan Kijang Innova berhasil mendapatkan angka penjualan sebanyak 40.926 unit.

Di sisi lain, Toyota telah menghadirkan 15 model baru, baik konvensional, GAZOO Racing, dan pilihan kendaraan elektrifikasi, seperti diungkapkan Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy.

Pada November lalu TAM meluncurkan dua model mobil listrik secara resmi ke pasar, yaitu All New Toyota bZ4X yang merupakan Battery EV Toyota pertama dan All New Toyota Kijang Innova Zenix yang merupakan mobil Hybrid EV Toyota pertama yang diproduksi secara lokal.

“Penerimaan masyarakat sangat antusias dan mengembirakan. Bahkan total pesanan atau SPK untuk mobil Hybrid terbaru Toyota yaitu Kijang Innova Zenix sudah mencapai hampir 4.000 unit meski belum sebulan diluncurkan," tutur Anton Jimmi Suwandy.

"Dengan 82% dari komposisinya adalah Innova Zenix Hybrid dan tipe Q Hybrid TSS yang paling banyak diminati dengan SPK mencapai 1.578 unit,” tuturnya lagi.***

Editor: Sahril Kadir

Tags

Terkini

Terpopuler