Iskandar Kamaru dan Murdiono Mokoginta Kompak Menyuarakan Inisiatif Baru dalam Dialog Budaya 'Kapan HUT Bolaan

- 22 Maret 2024, 14:00 WIB
Bupati Bolsel , Iskandar Kamaru dan  Murdiono Mokoginta
Bupati Bolsel , Iskandar Kamaru dan Murdiono Mokoginta /

PORTAL KOTA, Pikiran Rakyat - Molibagu Ramadhan Fest yang digelar di Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Bupati Iskandar Kamaru dan Sejarawan Bolmong Raya, Murdiono Mokoginta, memunculkan gagasan segar terkait perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bolaang Uki.

Bupati Kamaru menyampaikan akan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat setempat untuk menetapkan tanggal yang tepat untuk perayaan HUT Kecamatan Bolaang Uki

"Penetapan tanggal perayaan ini sebaiknya merujuk pada peristiwa bersejarah atau peristiwa heroik masa lalu yang memiliki nilai signifikan bagi masyarakat," ujarnya.

Selain menetapkan tanggal, Bupati juga mengusulkan adanya seminar khusus selama perayaan HUT Bolsel untuk menggali lebih dalam sejarah suku Bolango, dengan merujuk pada buku yang telah disusun oleh Almarhumah Deddy Van Gobel.

Gagasan tersebut disambut hangat oleh hadirin, yang melihat pentingnya pemahaman yang lebih mendalam akan sejarah lokal.

Tidak hanya itu, dalam upaya melestarikan budaya lokal, Bupati juga mencanangkan pembuatan Kamus Bahasa Bolango yang akan digunakan dalam pelajaran muatan lokal di sekolah.

"Inisiatif ini diharapkan dapat mengakar lebih dalam pengetahuan tentang warisan budaya di kalangan generasi muda," tambahnya.

Bupati juga mengumumkan rencana pembangunan replika mahligai kerajaan sebagai bagian dari upaya untuk memperkenalkan sejarah wilayah eks swapraja Bolaang Uki kepada masyarakat Bolsel.

Langkah ini dianggap sebagai upaya nyata dalam mempertahankan identitas budaya lokal yang semakin terpinggirkan oleh arus modernisasi.

Halaman:

Editor: Suprianto Suwardi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah