Ducati Super Sport 950 S Keajaiban dari Borgo Panigale yang Mempesona

- 4 Juli 2023, 09:00 WIB
Ducati Super Sport 950 S
Ducati Super Sport 950 S /

  • Super Sport adalah motor Ducati yang menyajikan kecepatan yang memukau namun tetap nyaman digunakan sehari-hari.

  • Dengan tenaga yang kuat dan kecepatan yang impresif, Super Sport mampu memberikan pengalaman mengendarai yang menggetarkan jiwa.

  • Riding position yang sporty namun nyaman serta fitur-fitur canggih membuat SuperSport sangat serbaguna dalam penggunaan sehari-hari.

Baca Juga: Melihat Spesifikasi Mesin dan Teknologi pada Toyota Alphard 2024

PORKOT, Pikiran Rakyat - Borgo Panigale, Italia - Berawal dari suara starter motor yang terdengar tegang, mesin Testastretta 11° L-twin pun mulai bergerak. Suara berdecak khas mesin ini bergema, mengalun seperti aliran sungai di Himalaya.

Dalam beberapa detik, saya merasakan kecepatan yang bisa disebut tidak wajar, dengan dagu menempel pada tangki bahan bakar, terseret oleh lonjakan torsi kembar yang legendaris dari orkestra mekanis yang membara.

Tanpa sadar, saya melihat ke spion belakang. Jalan di belakangku terlihat samar, dan indera saya terhanyut dalam getaran Desmodromic.

Semuanya dipimpin oleh hidung ala Panigale yang membelah angin saat menuju tikungan yang semakin dekat.

Ducati Super Sport 950 S
Ducati Super Sport 950 S

Sesaat kemudian, saya duduk tegak dan menekan tuas persneling beberapa kali; dentuman keras dari knalpot berderet kembar membuat orang sekitar akan berlindung jika ada.

Ducati Super Sport 950 S memotong tikungan dengan mulus; gas setengah dulu, lalu gas penuh saat keluar tikungan, dengan elektronik yang halus mengendalikan kegigihan tangan kanan saya — dan saya menyadari bahwa saya senang kembali mengendarai motor Ducati.

"Kenapa ada yang menginginkan motor yang lebih dari ini?" pikirku sepanjang minggu yang saya habiskan bersama SuperSport, tapi tidak ada jawaban yang jelas. Seperti kebanyakan Ducati lainnya, motor ini memang istimewa.

Baca Juga: Toyota Alphard 2024 meluncur, Lihat Tampilan Eksterior dan Interiornya, Siap Masuk

Super Sport mengikuti jejak panjang motor sport dengan mesin kembar yang dimulai pada tahun 1974, dan diberi nama Super Sport, Supersport, dan SS seiring berjalannya waktu. Itulah garis keturunan dan sejarahnya yang tercatat.

Motor ini memiliki karakteristik Ducati yang khas berkat sistem katup Desmodromic. Namun, sepertinya tidak banyak orang yang berhasrat untuk memiliki SuperSport, setidaknya di India — entah mengapa, Multistrada, Diavel, dan Panigale terus laris di showroom merah.
SuperSport memang menimbulkan keheranan dan ketidakpercayaan pada dirinya sendiri. Meskipun motor yang saya kendarai bukan berwarna merah, seperti yang saya sukai untuk motor Ducati. Namun, hal itu tidak mengurangi daya tariknya.

Rangka trellis merah, lengan ayun tunggal, mesin V-twin 90°, elektronik modern, dan suspensi Ohlins yang sepenuhnya dapat disesuaikan — itulah Ducati yang eksotis.

SuperSport memberikan nuansa klasik dengan bagian-bagian modern, baik mekanis maupun digital. Dan berbeda dengan kebanyakan Ducati hyper, motor ini sangat cocok untuk digunakan di kehidupan nyata.

Bahkan dengan pengaturan mode Sport maksimal, SuperSport adalah motor yang ramah di sekitar kota. Sistem quickshifter yang bekerja sempurna, posisi

sporty yang tetap nyaman, dan kursi yang lapang; semua faktor ini, dikombinasikan dengan torsi yang kuat seperti traktor, membuat SuperSport sangat mudah digunakan dalam kecepatan sehari-hari.

Namun, Ducati juga dengan jelas menunjukkan bahwa motor ini lebih suka berada di atas 5000 rpm. Itulah yang dilakukan dan seharusnya dilakukan oleh sebuah Ducati.

Baca Juga: Sehebat Apa Kawasaki Z1000 Pesaing Honda CB1000R, Lihat Spesifikasinya di Bawah ini

Dengan tenaga 110 bhp dan torsi L-twin sebesar 9,48 kgm, SuperSport terasa selalu siap untuk aksi. Dan posisi berkendara yang ditawarkan memastikan bahwa saya selalu siap pula.
Kecepatan hanyalah keputusan sekejap, dan jika saya memilih untuk menikmatinya, SuperSport merespons dengan semua sensasi yang tepat dalam setiap arah.

Motor ini melakukan segalanya dengan penuh kontrol; melahap tikungan dengan kepiawaian dan presisi, rem yang kuat tanpa menjadi terlalu dominan, ban Pirelli Diablo Rosso III yang luar biasa setelah menghangat, dan kenyamanan berkendara yang luar biasa di segala kecepatan.

Saya kesulitan menemukan kekurangan pada SuperSport ini — bahkan kursi penumpangnya lebih lapang dibandingkan beberapa motor sehari-hari!

Baiklah, ekor motor ini memang terlihat belum selesai; akan lebih baik jika Ducati memindahkan beberapa sentuhan Panigale pada bagian belakang juga.

Tapi kemampuan yang ditawarkan oleh IMU enam sumbu yang berpadu dengan suara-suara mekanis dari mesin Desmo membuat sulit untuk tidak jatuh cinta pada daya tarik yang jelas terpancar dari SuperSport.

Setelah sedikit beradaptasi, saya bahkan tidak lagi mengganggu mode berkendara; saya hanya menjaganya di mode Sport dan membiarkannya begitu, menikmati suara dan sensasi dari sebuah mesin yang jelas ditujukan sebagai motor eksotis sehari-hari.

Dan kontrol traksi, ABS saat tikungan, dan kontrol wheelie memastikan SuperSport tetap berada di jalurnya dengan cara yang paling memastikan kestabilan.

Memastikan, ya, tapi jangan berpikir bahwa kegilaan dan kegembiraan tidak ada, tentu saja ada.

Baca Juga: Sehebat Apa Kawasaki Z1000 Pesaing Honda CB1000R, Lihat Spesifikasinya di Bawah ini

SuperSport mampu mencapai 0-100 km/jam dalam waktu sedikit lebih dari 3 detik dan melampaui kecepatan 200 km/jam dengan mudah. Sebenarnya, hal itu mungkin menakutkan jika motor ini tidak seramah yang sekarang.

Dan sifat ramah ini membuat saya merasa bahwa saya dan motor saling bekerja sama, bukan melawan satu sama lain.

Bekerja sama dengan motor adalah kunci untuk mencapai kecepatan tinggi, dan saya membayangkan seorang pengendara yang benar-benar menyatu dengan motor ini mungkin akan melewati Panigale atau Streetfighter di jalan berkelok-kelok.

Faktanya, kemungkinan ini ada pada motor serbaguna seperti SuperSport ini, dan itu hanya menunjukkan seberapa fleksibel paket ini.

Saya penasaran bagaimana perasaan saya jika mengendarainya bersamaan dengan Multistrada 950 dan Hypermotard 950, dan itu adalah kisah yang saya nantikan untuk dilakukan.

Pada akhirnya, SuperSport menempatkan dirinya dalam posisi yang unik namun sedikit rumit. Keunggulannya jelas — cepat, ramah, mengasyikkan, dan memiliki fleksibilitas sehari-hari, meskipun silinder belakangnya cenderung memanas bagian bawah tubuh pengendara.

Namun, semuanya tetap baik jika Anda menjaga kecepatan di atas 40 km/jam. Motor ini juga indah dan sangat berkualitas, kecuali ketika kemudi cenderung menjepit jempol saya saat penuh lock ke arah kanan atau kiri; itu hanya pengingat ramah bahwa ini adalah motor sport Italia, bagaimanapun.

SuperSport adalah motor yang memunculkan semua emosi yang tepat. Namun, mungkin menjadi bayang-bayang dari motor Ducati yang lebih garang tidak menguntungkannya. Dan harga yang ditawarkan juga tidak membantu kasusnya.

Bagaimanapun juga, apakah sebagai pilihan yang berbeda atau sebagai keputusan yang tepat yang jarang ditemui, SuperSport penuh dengan momen di mana semua variabel menyatu dan jatuh ke tempatnya untuk membebaskan jiwa Borgo Panigale. Dan saat itu terjadi, SuperSport tidak ada yang lain selain keajaiban.

SuperSport adalah motor yang menghadirkan pengalaman yang menggetarkan jiwa. Meskipun seringkali berada dalam bayang-bayang motor-motor Ducati yang lebih garang, SuperSport memiliki daya tariknya sendiri.

Harganya mungkin menjadi tantangan, tetapi bagi mereka yang mencari kombinasi kecepatan, kenyamanan, dan keserbagunaan dalam satu paket, SuperSport tak terbantahkan. Seperti seorang penyihir yang mengeluarkan pesona tersembunyi, motor ini menawarkan momen-momen magis di mana semua elemen menyatu dengan harmonis.

Ketika mengendarai SuperSport, saya merasakan dorongan tenaga yang kuat dan kecepatan yang mempesona. Motor ini mampu melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu sedikit lebih dari 3 detik dan mencapai kecepatan 200 km/jam dengan mudahnya.

Baca Juga: 4 SMA Terpopuler di Kota Makassar, Nomor 1 Dipegang Sekolah Swasta

Namun, yang membuatnya begitu istimewa adalah keterkaitan yang terjalin antara pengendara dan motor. SuperSport memberikan respons yang tepat dan terkendali, membuat saya merasa bekerja bersama motor ini, bukan melawannya.

Selain itu, SuperSport juga memberikan kenyamanan yang luar biasa dalam penggunaan sehari-hari.

Meskipun terinspirasi oleh motor-motor eksotis, motor ini mampu beradaptasi dengan baik dalam situasi dunia nyata.

Dengan riding position yang sporty namun nyaman, serta fitur-fitur canggih seperti quickshifter dan sistem kontrol traksi yang memadai, SuperSport adalah sahabat setia di segala keadaan.

Tentu saja, SuperSport tidak sempurna. Desain bagian belakang yang terlihat kurang lengkap menjadi salah satu catatan kecil yang dapat diperbaiki oleh Ducati.

Namun, semua itu menjadi hal sepele ketika saya merasakan kombinasi sempurna antara kecanggihan teknologi dan kekuatan mesin Desmo twin yang tak terbantahkan. ***

DISCLAIMER: Artikel ini dilansir dari laman web Motoringworld.in dengan judul: "Ducati SuperSport 950 S Review: White Magic" (Baca artikel asli di sini).

Editor: Suprianto Suwardi

Sumber: Motoringworld


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah