Masih Laris di Filipina, Motor Ayago Adiknya Honda Sonic ini Irit Banget

- 26 Agustus 2022, 10:30 WIB
Masih Laris di Filipina, Motor Ayago Adiknya Honda Sonic ini Irit Banget
Masih Laris di Filipina, Motor Ayago Adiknya Honda Sonic ini Irit Banget /Tangkap Layar Youtube

PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat - Masih laris di Filipina, sosok motor Ayago (Ayam Jago) adiknya Honda Sonic konsumsi bahan bakarnya irit banget bro.

Sekilas jika memperhatikan sosok motor ini seperti sosok Ayago pada umumnya, namun ada bagian unik dimana komponen suspensi belakang motor ini masih menggunakan model dual shock layaknya motor bebek biasa.

Selain itu bagian mesinnya juga ngak kalah aneh, kalau Ayago lain pake mesin tegak maka motor ini malah mengusung mesin konfigurasi selonjoran.

Lantas motor Honda apa sih ini? Emang masih ada model motor kayak gini? Yuk simak ulasan detailnya berikut ini.

Baca Juga: Bakal Laris Manis Nih, Vespa Harga 16 Jutaan Meluncur di Indonesia! Cek Detailnya Berikut ini

Dikutip dari kanal YouTube @Bang Rossi jika motor Ayago tersebut ialah Honda XRM RS125 salah satu motor Ayago entry level Honda yang dipasarkan di negara Filipina.

Honda XRM RS125 merupakan hasil pengembangan dari motor bebel trail XRM 125 yang sudah dipasarkan di Filipina sejak tahun 2001.

Nama RS sendiri bukan singkatan Racing Sport Reproduction atau semacamnya, melainkan singkatan dari Road Sport, jadi bisa dibilang motor ini masih saduaranya Honda Nice namun bedanya Honda Nice dijual untuk pasar Thailand, bahkan pernah masuk pasar Indonesia, tapi sayangnya kurang laku di pasaran.

Konsep desain Honda XRM RS125 kurang lebih serupa seperti Suzuki Satria Young Star dimana model shock depan, stang sampai batok kepalanya berwujud Ayago namun bagian belakangnya masih kental dengan nuansa motor bebek tulen.

Baca Juga: Mirip Vespa! New NS125 LA Saudara Kandung Honda Scoopy Bergaya Retro Modern, Harga Murah Bro

Edisi pertama motor ini dibekali dengan mesin berkapasitas 125 cc, SOHC, 2 klep, karburator, transmisi 4 percepatan non kopling, spesifikasinya mirip seprti supra 125 karbu, karena catatan tenaganya pun juga percis.

Dimana mesin dari Honda XRM RS125 karbu ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 9,3 HP di 7.500 rpm serta torsi puncak mencapai 10,4 Nm pada 5.000 rpm.

Generasi Honda XRM RS125 Karbu bertahan cukup lama, sampai akhirnya di tahun 2017 barulah motor Ayago ini mendapatkan perubahan cukup signifikan baik dari segi desain maupun mesin.

Selain desainnya tampil lebih sporty dan modern, New Honda XRM RS125 mendapatkan upgrade pada sisten pengkabutan bahan bakar yang kini sudah injeksi PGM-Fi.

Perubahan itu menambah cacatan tenaganya meningkat jadi 9,5 HP di 7.500 rpm dan torsi menjadi 9,5 Nm pada 6.500 rpm.

Mesin tersebut juga sudah lolos standar uji emisi Euro 3 ditambah lagi konsumsi bahan bakarnya terbilang irit. Dimana 1 liter bbm-nya diklaim bisa menpuh jarak sejauh 67 Km, gokil.

Iritnya ngak kalah sama Honda Supra series bukan, maka tidak heren motor ini dijuluki Supra versi Ayago.

Baca Juga: KIA Luncurkan Lawan Baru Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner, Dijuluki Bad Boy

Dipasaran Filipina Honda XRM RS125 Eva 2022 dibandrol dengan harga 74.902 atau jika dirupiahkan setara dengan Rp19,7 jutaan.

Meski sejak dihadirkan motor ini hanya menggunakan velg jari-jari chrome, nyatanya peminat dari Honda XRM RS125 ngak pernah sepi.

Bahkan banyak diantara anak muda Filipina yang masih menyukainya, terutama untuk dijadikan bahan modifikasi ala motor Thailook.

Nah kalau dijual di pasar Indonesia, tipikal motor semacam ini sepertinya sudah ngak ada lagi peminatnya, apalagi jika melihat era Honda Nice, Kawasaki Athlete sampai terakhir Suzuki Satria Young Star, pasaran Ayago mesin slonjoran terbilang sepi.

Ini terbukti dari ketiga Ayago bermesin selonjoran yang pernah dijual tersebut, unitnya jarang sekali kelihatan di jalanan tanah air. ***

Editor: Moh Irfany Alhabsyi

Sumber: Youtube @Bang Rossi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah