Gempur Pasar Moge Indonesia, 400 cc Dua Silinder Hanya Dibanderol Rp80 Jutaan

- 9 Agustus 2022, 07:00 WIB
SM Sport hadirkan Moge murah 400 cc, motor ini adalah SM3 400
SM Sport hadirkan Moge murah 400 cc, motor ini adalah SM3 400 /Screen Captured YouTube Otomotif TV/Desain Portal Kotamobagu.

 

PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat – Ketika bicara Moge alias motor gede, mungkin yang terpercik dalam pikiran anda adalah motor bermesin besar dengan harga yang super fantastis.

Namun kali ini kita akan membahas tentang  Moge yang memiliki mesin 400 cc yang hanya dibanderol Rp80 jutaan saja.

Moge tersebut merupakan produk dari SM Sport. Mungkin anda belum pernah dengar tentang motor yang satu ini.

Akan tetapi motor ini benar-benar keren dari segi tampilannya, motor SM Sport ini adalah SM3 400.

 Baca Juga: Yamaha FreeGo 125 edisi 2022 Hadir Lebih Fresh ada Versi ABS Harga Mulai Rp19 Jutaan Guys. Cek Spesifikasinya

Lantas bagaimana fitur, mesin dan keunggulan dari motor SM3 400 ini? Yuk simak jawababnya sebagai berikut.

Sebagaimana yang dilansir dari kana YouTube @Otomotif TV, SM3 400 adalah motor jebolan dari pabrikan SM Sport Malaysia.

Pabrikan SM Sport cukup populer di negeri serumpung itu. Bahkan, tercatat beberapa produk mereka sudah berhasil di pasarkan di beberapa negara, termasuk Indonesia.

SM Sport mengklaim, pihaknya menciptakan SM3 400 untuk menyasar para penggemar motor bergaya retro klasik.

 

Harga yang ditawarkan oleh SM Sport untuk SM3 400 cukup terjangkau untuk kelas Moge menengah. Yaitu hanya Rp88.600.000.

Sebenarnya SM3 400 sudah dipasarkan di Indonesia sejak bebera tahun silam, namun karena terkendala dengan wabah Covid-19 pemasarannya sempat tersendak.

Namun bagi kalian yang ingin mengoleksi SM3 400 bisa dengan melakukan delivery.

Yuk sekarang kita bahas detail dari motor yang super keren bergaya retro klasik ini.

 Baca Juga: Adik Honda Beat Akhirnya Dirilis, Harga Murah dan Bakal Menjadi Motor Sejuta Umat Bro!

Dilihat dari tampilan luarnya, motor ini penuh dengan bentuk bulat yang melekat pada aksennya, mulai dari lampu utama, tangki hingga stop lampnya.

Meski aksennya serba klasik, semua fitur yang disematkan pada motor ini tentu sudah serba modern.

Seperti bagian lampu utama, meski bulat juga tapi sudah dilengkapi dengan lampu DRL bagian kiri-kanan dan atas-bawah.

Jika dilihat sepintas mirip dengan Yamaha FZ Fi dari India, namun ini disematkan secara terpisah membentuk pola lingkaran.

Pada bagian tengahnya terdapat lampu yang cukup terang proyektor berfungsi sebagai lampu dekat sementara 4 titik lainnya (Diselah-selah DRL) adalah lampu jauh.

Yang perlu kalian tahu, semua sistem pencahayaan motor ini sudah menggukan full DRL.

 

Salah satu paling menarik dari SM3 400 adalah bentuk velgnya yang merupakan velg jari-jari namun memakai ban tubless.

Bahkan, tidak sedikit yang mengira velg yang duganakan SM3 400 adalah velg Kineo. Salah satu brand after market yang harganya cukup wow sekitar 70 sampai 80 jutaan.

Sedangkan untuk bagian tromolnya terlihat cukup gede. Ban depan menggunakan 120/70 ring 17.

Ban depan menggunakan rem cakram kaliper Radial Mount 4 piston, dengan diameter disk sekira 320 mm.

 Baca Juga: All New Yamaha TMAX 2023 Tampil Lebih Garang, Bakal Bikin Suzuki dan BMW Panik

Di bagian atas tampak stang jepit klasik yang cukup lebar. Untuk bentuknya sendiri, banyak orang yang menyebutnya sebagai stang camar, karena bentuknya seperti burung camar mengepakkan sayap.

Kemudian terdapat beberapa pengaturan dan tombol yang umumnya terdapat pada motor konvensional, termasuk handle cakram yang dapat disesuaikan 4 arah.

Kunci kontak juga masih menggunakan standard bukan keyless, bisa jadi fitur ini yang membuatnya murah.

Sementara untuk speedo meter terdapat perpaduan antara analog Takometer yang angkanya sampai 12.000 RPM dan digitalnya terdapat informasi kecepatan, ukuran bensin, oli, jarak dan suhu mesin.

 

Bergeser ke belakang, terdapat tangki yang ukurannya 18 liter yang bisa dibukan secara manual menggunakan kunci kontak.

Mundur ke belakang lagi, terlihat joknya dengan pola jahitan horizontal sangat kental nuangsa klasiknya.

Jok ini pun terbilang pendek, sangat cocok dengan postur orang Indonesia. Untuk busanya terbilang menengah.

Jok ini bisa diangkat dengan membuka kunci di panel sebelah kiri. Di bawahnya terdapat aki dan lain-lainnya.

 Baca Juga: Lebih Sangar, Beat 150 CC Terbaru Hadir Dengan Design lebih Canggih, NMax, PCX, Lexi Lewat!

Pindah ke bagian suspensi bagian belakang, tampak menggunakan suspensi ganda dengan pengaturan manual sampail lima tingkat.

Lengan ayungnya berbentuk kotak yang cukup besar yang juga merupakan dudukan hager belakang.

Rem belakang menggunakan cakram single piston. Kedua sistem pengeremannya sudah menggunakan Anti-lock Breaking System (ABS).

Velg belakang juga menggunakan jari-jari, ban tubless dengan ukuran 150/70 ring 17.

 

Beranjak ke dapur pacu SM3 400 mengusung mesin dua silinder segaris SOHC dengan kapasitas 378 cc berpendingin cairan, injeksi EFI.

Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan 36,2 DK (27 KW) pada 9.000 RPM. Sedangkan torsi maksimum yang dihasilkan  33 Nm pada 6.500 RPM.

Motor ini menggunakan dua knallpot bagian kiri kanan, yang masing-masing terpasang satu pada kedua silindernya.

Meski SM Sport mengakui mesin motor ini masih dimbail dari pabrikan China, namun mereka memastikan kualitas yang diambil merupakan grade A.

Hal itu bisa terlihat dari baut-baut yang disematkan sudah menggunakan baut krom yang umumnya dipakai motor pabrikan Jepang.

Untuk konsumsi bensin SM3 400 terbilang standar, yaitu 22 km/liter. ***

Editor: Suprianto Suwardi

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah