Bukan Yamaha NMAX! Ini Lawan Seimbang Suzuki Burgam 400 dan BMW C 400 GT

24 Juli 2023, 15:00 WIB
Bukan Yamaha NMAX! Ini Lawan Seimbang Suzuki Burgam 400 dan BMW C 400 GT /Youtube @voyu/tangkapan layar/

PORTAL KOTAMOBAGAU, Pikiran Rakyat - Yamaha tidak tinggal diam, saat Suzuki Burgam 400 dan BMW C400 GT terlihat lebih mewah daei Yamaha NMAX.

Beberapa media otomotif, sandingkan Suzuki Burgam 400 dan BMW C400 GT dengan Yamaha NMAX.

Namun, setelah di telusuri oleh tim Porkot, ternyata bukan Yamaha NMAX, ini dia lawan seimbang Suzuki Burgam 400 dan BMW C400 GT di pasar otomotif dunia.

Baca Juga: Saingan Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio di Indonesia, Harga Lebih Murah

Tidak main-main, Yamaha bekali motor ini dnegan mesin Hybrid, agar bisa menaklukan Suzuki Burgam 400 dan BMW C400 GT.

Dikutip dari bikewale.com, berikut spesifikasi Yamaha TMAX 2023 gunakan mesin hybrid yang bisa menjadi saingan berat Suzuki Burgam 400 dan BMW C400 GT di segmen skutik moge.

Pabrikan Yamaha melakukan langkah yang tidak biasa, dengan meluncurkan skutik moge terbaru berteknologi tinggi.

Pihak Yamaha bekali mesin paralel-twin berpendingin cairan pada Yamaha TMAX, bukan lagi berpendingin udara seperti motor pada umumnya.

Dikabarkan, mesin Yamaha TMAX terbaru bisa menghasilkan 45,8 tenaga kuda dan torsi 38,5 pound-feet, dengan kecepatan maksimum 100 mph atau 160 km/jam.

Tenaga kemudian di alirkan melalui semacam perangkat tipe kopling sentrifugal sebelum mengenai transmisi V-Belt Automatic yang memberikan operasi twist-and-go.

Pada lampu depan ganda yang terpisah di dilengkapi dengan bar DRL bawaan dan sinyal belok yang ditempatkan di tepi atas.

Tentunya pencahayaan depan sudah lampu full LED, membuat semua pencahayaan untuk visibilitas sangat baik pada siang hari ataupun malam hari.

Bukan Yamaha NMAX! Ini Lawan Seimbang Suzuki Burgam 400 dan BMW C 400 GT

Sementara di bagian atas, kaca depan yang dapat disesuaikan secara elektrik dengan ukuran yang luas, membuat perlindungan dari hempasan udara secara langsung, lebih baik.

Sepasang pengukur analog bergabung dengan layar LCD untuk memberikan semua informasi yang dibutuhkan.

Terdapat juga fitur Smartkey yang memungkinkan tombol start saat kunci tetap di saku anda.

Kemudian di saku dasboard depan, terdapat lubang kecil lengkap dengan stopkontak 12 volt, sehingga anda dapat mencolokkan ponsel dan mengisi daya dengan mudah.

Seperti pada skutik moge pada umumnya, ada bantalan butt-stop yang bagus untuk memisahkan pengemudi dari pembonceng, dan terdapat bagasi yang luas di bawahnya.

Secara umum desainnya dengan lebih keren dari edisi sebelumnya, ditambah juga ukuran tangki bahan bakar 15 liter.

Tampilan body work skutik ini juga keren dan tangguh dan sudah jadi identitas Yamaha TMAX selama ini.

Selain itu lampu belakang juga tampil dengan model modern, menegaskan tampilan sporty yang sempurna dari depan sampai belakang.

Meluncur All New Yamaha TMAX 2023, Siap Kalahkan Suzuki Burgam 400 dan BMW C 400 GT, Pakai Mesin Hybrid

Soal dimensi Yamaha TMAX ini memiliki ukuran panjang sampai 2200 mm, lebar 765 mm dan tinggi 1420 mm lalu bobotnya mencapai 220 kg dengan wheelbase 1575 serta ground clearance 125 mm.

Kemudian roda depan ditopang suspensi upside-down berdiameter 41 mm, serta rem cakram dual disc system ABS.

Hal yang paling menarik dari Yamaha TMAX ini, dikabarkan akan hadir dalam versi hybrid.

Kabar terbaru, pihak Yamaha sudah mengajukan dua hak paten terkait teknologi hybrid yang bakal dipakai skutik TMAX ini.

Bahkan kabarnya, motor bongsor berteknologi canggih ini bakal segera masuk dapur produksi juga.

Dari data paten yang diajukan, sedikit mendeskripsikan kalau teknologi hybrid akan di kawinkan dengan mesin internal bahan bakar dan motor listrik yang langsung terkoneksi dengan crank atau poros engkol.

Hal ini akan membuat hubungan langsung antara mesin konvensional Internal Combustion Engine (ICE) dan motor listrik dapat saling menguntungkan.

Sementara itu, rangkaian kedua teknologi hybrid bakal dicangkok pada lengan ayun dan sistem transmisi motor.

Tapi sayangnya sampai sekarang belum bisa dipastikan Yamaha akan gunakan dapur pacu model untuk bakal digunakan pada All New Yamaha TMAX 2023.

Sejauh ini di pasar otomotif tanah air Yamaha hanya menjual varian TMAX DX standar saja.

Varian ini sudah rilis cukup lama dan setelahnya tidak ada varian baru dari TMAX yang dibawa masuk ke Indonesia.

Berdasarkan situs resmi Yamaha, varian TMAX DX ini masih dijual dengan harga mencapai 320 juta rupiah on the road Jakarta.

Kita tungga saja, kejutan dari Yamaha untuk bisa membuat kakaknya NMAX menjadi lebih baik dibandingkan dengan Suzuki Burgam 400 dan BMW C 400 GT. ***

Editor: Paisal Ibrahim Tuliabu

Sumber: bikewale.com

Tags

Terkini

Terpopuler