Mesin Diesel dan Transmisi Manual Hilang! Toyota Innova Zenix Gokil Abis, Kijang Hybrid Tampil Berbeda

31 Januari 2023, 21:54 WIB
Mesin Diesel dan Transmisi Manual Hilang! Toyota Innova Zenix Gokil Abis, Kijang Hybrid Tampil Berbeda /Oxl.co.id/tangkapan layar/

PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat - Toyota Innova Zenix gokil abis bro, Kijang Hybrid tampilnya kini sangat jauh berbeda dengan generasi ke-6.

Toyota Kijang mengalami perubahan besar besaran pada generasi ke-7 yang menghilangkan mesin diesel dan transmisi manual.

Generasi ke-7 Toyota Kijang yang sudah meluncur bulan lalu di Jakarta, tersedia mesin Hybrid dan punya sunroof panoramic.

Baca Juga: Unit di Importir Umum Mahal! PT Piaggio Indonesia Boyong Vespa edisi Justin Bieber Jauh Lebih Murah

Selain itu, terdapat perubahan mendasar yang dilakukan Toyota pada mobil ini, untuk meningkatkan kenyamanan konsumen.

Jika generasi generasi awal sampai yang keenam bertahan dengan sasis ladder frame.

Untuk pertama kalinya Toyota menggunakan sasis monokok dengan platform TNGA: GA-C di Kijang Innova Zenix.

Kemudian soal sistem penggerak, kini gunakan roda depan yang sebelumnya pakai penggerak roda belakang.

Kemudian tersedia pada varian tertinggi, yaitu All New Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid Modellista tersedia teknologi elektrifikasi.

Agar lebih jelas lagi, mari kita ulas 5 kelebihan dari All New Kijang Innova Zenix yang kami lansir dari Moladin.com.

1. Pakai Panoramic Sunroof

Fasilitas ini mebuat kabin mobil New Kijang Innova Zenix varian V dan Q semkin lega dan terasa lebih luas.

Kehadiran panoramic sunroof berukuran besar membuat Innova terbaru semakin kompetitif dibanding rival dikelasnya.

Sekaligus membuat interior Innova Hybrid ini jadi semakin mewah, terlebih karena ada ambient light di sisi kiri dan kanannya.

2. Captain Seat Ottoman

Meskipun captain seat sudah ada pada edisi sebelumnya, namun bedanya di Zenix menggunakan tipe ottoman yang lebih nyaman untuk penumpang.

Perbedaannya terlihat pada sandaran kaki yang menjadikan duduk di joknya semakin rileks pada Toyota Innova Hybrid varian Q.

Kekurangan dari kehadiran jok yang nyaman ini adalah bangku baris kedua tidak bisa dilipat rata lantai untuk memberi ruang bagasi yang lebih luas saat ingin meletakkan barang bawaan yang banyak.

Fitur kenyamanan lain yang didapat oleh penumpang di jok baris kedua Innova Zenix adalah dua layar berukuran besar berukuran 10 inci, khusus untuk varian Q dan V.

Fitur dual rear seat entertainment ini bahkan bisa terkoneksi dengan smartphone dan bisa menampilkan gambar dan video yang terpisah satu sama lain.

Mesin Diesel dan Transmisi Manual Hilang! Toyota Innova Zenix Gokil Abis, Kijang Hybrid Tampil Berbeda

3. Hadie Sebagai Mobil Crossover

Toyota kini memberi label Innova Zenix sebagai Innovative Multipurpose Crossover.

Bagi yang belum tau, Zenix merupakan singkatan dari Zenith dan X yang dalam bahasa Inggris, Zenith berarti puncak performa dan huruf X adalah inisial dari Crossover.

Artinya Zenix berarti crossover yang bisa membawa pemiliknya meraih puncak performa, baik itu dalam hal berkendara dan mobilitas sehari-hari.

Sementara untuk velg yang digunakan bervariasi untuk semua varian. Sepeti Innova Hybrid varian G pakai velg 16 inci dengan balutan ban berukuran 205/65.

Kemudian varian V menggunakan velg 17 inci dengan ban berukuran 215/60. Khusus varian Innova tertinggi atau Q dibekali velg lebih besar, yaitu 18 inci dengan ban balutan 225/50.

“Konsep mobil ini adalah Innovative Multipurpose Crossover. Tujuan kami adalah untuk mengembangkan crossover serbaguna dengan kelapangan dan kegunaan sebuah minivan yang dicintai oleh keluarga milenial dengan nilai-nilai global."

“Mewarisi DNA mobil yang telah lama digandrungi masyarakat dan telah mengalami berbagai penyempurnaan, All New Kijang Innova Zenix telah menjadi sebuah mobil untuk era baru,” kata Chief Engineer All New Kijang Innova Zenix,
Hideki Mizuma dikutip dari Moladin.com.

Mesin Diesel dan Transmisi Manual Hilang! Toyota Innova Zenix Gokil Abis, Kijang Hybrid Tampil Berbeda

4. Eksterior

Soal dimensi, Toyota Kijang Innova Zenix lebih bongsor dari Innova Reborn, dengan panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm.

Sementara untuk jarak sumbu roda lebih panjang hingga 2.850 mm dan untuk ground clearance mencapai 185 mm.

Tampilan depan mobil ini memiliki dimensi grill yang lebih besar, dilengkapi desain headlamp yang agresif dan sudah LED.

Begitu juga dengan bumper depan, di buat lekukan garis yang simpel menyesuaikan dengan desain grill dan headlamp serta terdapat foglamp dan DRL yang sudah LED.

Kemudian bagian belakang Innova Zenix, tampilannya masih mirip dengan Innova Reborn.

Hanya saja pada bagian lampunya lebih pipih, mirip dengan saudaranya Toyota Fortuner, bedanya ada emblem hybrid.

All New Kijang Innova Zenix tersedia pilihan warna Platinum White pearl, Silver Metallic, Gray Metallic, Attitude Black, dan Dk. Steel.

5. Mesin Diesel Hilang Jadi Hybrid

Jantung pacu Toyota Innova Zenix menggunakan mesin hybrid generasi kelima yang mirip Toyota Prius 2023 terbaru.

Mesin memiliki kode M20A-FXS berkapasitas 1.987 cc dengan teknologi Dual VVT-i.

Di atas kertas bisa menghasilkan torsi puncak 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm dan tenaga maksimal 152 PS pada 6.000 rpm.

Sementara untuk motor elektriknya bisa melontarkan torsi puncak 206 Nm dan tenaga 113 PS.

Konsumsi BBM Innova Zenix mesin Hybrid terbaru, bisa mencapai jarak 21 Km/liter, lebih irit dibanding Innova Diesel model lama yang cuma bisa menghemat BBM 14 Km/liter.

Toyota juga menyediakan Innova Zenix dengan mesin bensin konvensional atau Nonhybrid.

Jantung pacu berkode M20A-FKS dengan kubikasi 1.987. Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 205 Nm pada 4.500-4.900 rpm dan tenaga maksimal 174 PS pada 6.600 rpm.

Mesin bensin Toyota Kijang Gen-7 tersebut dikombinasikan dengan transmisi 10-Speed Direct Shift CVT, yang bisa menghemat konsumsi BBM hingga 15 Km/liter.

Meskipun demikian, Toyota akan terus menjual Innova Reborn atau model lama untuk customer fleet dengan mesin diesel.

Soal harga, All New Toyota Innova Zenix tersedia dengan harga berbeda dengan pilihan mesin bensin konvensional dan Hybrid:

Mesin Bensin 2.0 G CVT Rp419.000.000
Mesin Bensin 2.0 V CVT Rp467.000.000
Mesin Hybrid 2.0 G HV CVT Rp458.000.000
Mesin Hybrid 2.0 V HV CVT Rp522.150.000
Mesin Hybrid 2.0 V HV CVT Modellista Rp532.000.000
Mesin Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Rp601.150.000
Mesin Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista Rp611.000.000

Itulah ulasan All New Toyota Innova Zenix yang kini mesin diesel dan transmisi manual tidak tersedia, Kijang Hybrid tampil berbeda dan super gokil bro. ***

Editor: Paisal Ibrahim Tuliabu

Sumber: Moladin toyota astra.co.id

Tags

Terkini

Terpopuler