Mengenang Motor Pemeran Satria Baja Hitam, Keren Pada Masanya

20 Desember 2022, 18:34 WIB
Honda NSR /Felix Tendeken/

PORTAL KOTAMOBAGU Pikiran Rakyat-Siapa yang tidak kenal dengan sepeda Honda NSR 250, motor yang keren pada masanya karena ditunggangi oleh Kotaro Minami yang merupakan pemeran film legend Satria Baja Hitam.

Motor NSR 250 adalah salah satu motor favorit para pecinta motor langka.

Pasalnya, sepeda motor Honda ini memiliki bodi legendaris yang dapat menghadirkan nostalgia masa lalu dan sudah tidak diproduksi sejak tahun tahun 1999.

Honda NSR Series sudah mewarnai pasar otomotif sejak tahun 1980-an hingga 1999 dengan beberapa varian.

Namun salah satu varian yang banyak beredar di pasar otomotif Indonesia adalah Honda NSR 150.

Sedangkan untuk Honda NSR 250 Series pertama kali diproduksi pada tahun 1987 dengan nama Honda NSR 250 MC16 yang memiliki mesin 249 cc dua silinder v-twin liquid cooler.

Lalu dilanjutkan dengan edisi lainnya pada tahun 1988-1989 (NSR 250 MC18), 1990-1993 (NSR 250 MC21), dan edisi terakhir 1994-1999 (NSR 250 MC28).

Motor ini merupakan replikasi dari motor balap MotoGP namun street legal.

Maka dari itu, pembawaan motor ini seperti Anda sedang balapan yang membuat motor ini kurang cocok untuk beberapa jalan raya di Indonesia.

Motor Honda NSR 250 Series tidak dijual melalui dealer resmi, maka dari itu, motor NSR 250 yang anda lihat di jalan merupakan motor yang didatangkan langsung dari Jepang.

Dilansir dari kumparanOTO, salah satu motor Honda NSR 250 yang dijual di Indonesia adalah Honda NSR 250 MC28 yang merupakan edisi terakhir dari motor ini.

Motor 2-tak tersebut dibanderol dengan harga Rp 250 juta.

Dibalik bodi yang legendaris tersebut terdapat mesin 249 cc v-twin (dua silinder).

Motor ini memiliki tenaga maksimal 40 daya kuda pada 9.000 Rpm dan torsi maksimal 32,3 Nm pada 8.000 Rpm.

Maka dari itu, motor ini dapat melaju dengan kecepatan lebih dari 200 Km/jam.

Salah satu fitur canggih pada masanya di motor ini adalah teknologi PGMIV yang dapat aktif melalui smart card.

Maka dari itu, motor ini sudah tidak lagi menggunakan anak kunci untuk menyala.

Berbeda dari edisi sebelumnya, motor Honda NSR 250 MC28 sudah dilengkapi dengan fitur Pro-Arm Rear Swing Arm.

Motor ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi RC Valve yang akan menutup katup di RPM rendah dan akan terbuka ketika RPM tinggi.

Maka dari itu, efisiensi BBM pada motor ini tidak perlu diragukan lagi. (***)

Editor: Felix Tendeken

Sumber: KumparanOTO

Tags

Terkini

Terpopuler