Diproduksi Terbatas, Motor Supersport ini Usung Mesin 1000 cc, Tampilan Neo Retro, Yuk Intip Detail Sosoknya

28 November 2022, 20:45 WIB
Diproduksi Terbatas, Motor Supersport ini Usung Mesin 1000 cc, Tampilan Neo Retro, Yuk Intip Detail Sosoknya /Tangkap Layar / dok. Visordown

PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat - Diproduksi terbatas dan mulai dipasarka tahun 2023, motor Supersport ini usung mesin berkapasitas 1000 cc dengan desain tampilan neo retro.

Pun punya desain klasik dan futuristrik, namun kesan sporty dan gahar begitu kental pada motor Supersport 1000 cc ini.

Hal itu dapat dilihat dari desain bodi, teknologi serta spesifikasi yang disematkan pada motor bergaya retro asal pabrikan Eropa ini.

Baca Juga: Bergaya Retro, Gendong Mesin 350 cc, ini Dia Motor Cruiser Jawa 42 Bobber, Yuk Intip Spek dan Harganya

Biar enggak penasaran, yuk simak ulasan sosok dan spesifikasi dari motor Supersport bergaya neo retro ini.

Dilansir dari Visordown, motor Supersport bergaya klasik ini adalah MV Agusta Superveloce 1000 Serie Oro 2023 yang besik pengembangan dari MV Agusta 800 Superveloce.

Untuk verai 2023 yang diperkenalkan kali ini, Superveloce tidak lagi mengusung mesin 800 cc dengan konfigurasi mesin 3 silinder, namun telah mengusung mesin 4 silinder berkapasitas 1000 cc.

Mesin yang digendong MV Agusta Superveloce 1000 Serie Oro ini pun begitu identik dengan mesin yang diusung saudaranya yang bergenre Sport Naked yakni Brutale 1000 RR.

MV Agusta Superveloce 1000 Serie Oro 2023 Tangkap Layar / Visordown

MV Agusta Superveloce 1000 Serie Oro begitu spesial karena hanya diproduksi secara terbatas dengan perakitannya dibuat secara ekslusif karena dikerjakan secara manual.

Baca Juga: Motor Sport Full Fairing 400 cc 4 Silinder ini Bakal Ganggu Pasar Kawasaki ZX4R Nih, ini Sosoknya

Dibuat terbatas dan ekslusif maka setiap unit dari motor Supersport bergaya klasik ini pun diberikan nomor seri.

Desain klasik pada MV Agusta Superveloce 1000 Serie Oro ini secara estetika ternyata terinspirasi dari model motor balap MV 500 yang hadir di tahun 1970-an.

Kesan klasik pada Superveloce 1000 Serie Oro dapat dilihat dari penggunaan penutup cakram depan berbahan serat karbon yang seolah menginggatkan kita pada desain rem tromol ala motor balap jaman dulu.

Namun desain tersebut bukan tanpa fungsi, caver rem cakram ini membantu mendinginkan kaliper dan menyalurkan dengan benar udara untuk mendinginkan radiator mesin dan radiator Oli.

Baca Juga: Perusak Pasar Harley Davidson, Motor Cruiser V Twin 250 cc ini Harganya Lebih Murah dari Skutik XMAX

Pada bagian fairing terdapat intake udara yang lebih eksternal dan lebih rendah menampung pelengkap tambahan berupa Winglet yang menghasilkan downforce pada roda depan dan membuat depresi di belakang oil cooler, mempercepat pembuangan udara panas yang berasal dari radiator.

Desain aerodinamika dari front fairing dan Winglet diklaim menghasilkan downforce 39,2 kg saat dipacu pada kecepatan 320 km/jam.

MV Agusta Superveloce 1000 Serie Oro mengusung mesin berkapasitas murni 998 cc, 4 silinder inline, DOHC, dengan 16 katup.

Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga sebesar 208 bhp pada 13.000 rpm dan dapat meningkat menjadi 212 bhp dengan kit balap. Sementara torsi yang dihasilnya mencapai 116,5 Nm pada 11.000 rpm.

Dengan mesin bongsornya, Superveloce 1000 Serie Oro dilengkapi Countershaft yang fungsinya menghilangkan getaran mesin sebesar 54 persen pada frekuensi tinggi atau 14.000 rpm, serta lebih stabil saat menikung dengan lebih cepat.

Baca Juga: Skutik Maxi ini Gendong Mesin DOHC 250 cc, Fitur Canggih Performa Garang, XMAX dan Forza Ciut, ini Sosoknya

Terdapat juga pengaturan khusus elektronik pada motor Supersport ini, yakni pada gearbox dengan Quick Shifter elektronik MV EAS 3.0 (Electronically Assisted Shift Up & Down) dan untuk pengaturan ABS Cornering Continental MK100 dengan RLM Sistem (Mitigasi Wheelie).

Ada juga kontrol traksi yang dapat atur memungkinkan 8 tingkat intervensi, sedangkan kontrol wheelie menggunakan data yang dikumpulkan oleh IMU.

MV Agusta Superveloce 1000 Serie Oro menggunakan suspensi garpu dari Ohlins Nix EC yang dapat disetel sepenuhnya dan dengan rebound elektronik dan manajemen kompresi serta penyesuaian preload pegas yang disetel secara manual.

Supersport MV Agusta Superveloce 1000 Serie Oro Tangkap Layar / Visordown

Pada suspensi belakang menggunakan monoshock dari Ohlins model EX TTX yang juga dikontrol secara elektronik, dan dihubungkan ke Single Swingarm aluminium dengan poros yang dapat diatur ketinggiannya.

Untuk sistem pengereman, motor ini menggunakan kaliper radial monoblok dari Brembo Stylema dengan dua cakram berkurukan 320 mm di depan, serta cakram baja berukuran 220 mm di belakang dengan kaliper 2 piston Brembo.

Baca Juga: Gendong Mesin V Twin 250 cc Motor Cruiser ini Dibandrol 50 Jutaan Saja, ini Sosoknya

Bagian kaki-kakinya menggunakan velg Alumunium Forged yanh dirancang khusus oleh CRC untuk Superveloce 1000 Serie Oro yang didesain unik dengan lima jari-jari dikombinasi dengan detail alloy dair pelek.

Sistem pembuangan emisi atau knalpot menggunakan titanium homolog yang dikembangkan MV Agusta bekerja sama dengan Arrow.

Sementara pada bagian dashboardnya terpasang panel instrumen TFT 5,5 inci yang dapat dihubungkan dengan smartphone lewat Aplikasi MV Ride untuk berinteraksi dengan peralatan elektronik dan mesin serta untuk menghubungkan telepon, navigasi, pencatatan rute dan transfer data perjalanan.

Jadi itulah beberapa informasi terkait motor Supersport MV Agusta Superveloce 1000 Serie Oro 2023. ***

Editor: Moh Irfany Alhabsyi

Sumber: Visordown.com

Tags

Terkini

Terpopuler