BIKIN TAKJUB! Ternyata Honda Gunakan Teknologi ini di New Vario 125 Empat Katup

24 September 2022, 21:47 WIB
Ilustrasi all new Honda Vario 125 bermesin 4 klep /Honda

 

PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat- Baru-baru ini Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan beberapa produk andalannya di kelas motor matik. Diantaranya Honda ST-125 Dax, Honda New ADV160 dan Honda New Vario 160.

Namun, seolah tak puas dengan debutnya untuk memberikan gebrakan baru di pasar otomotif roda dua. Honda kini dikabarkan akan kembali merilis salah satu produk teranyar di segmen motor matik 125 cc.

Adapun produk terbaru dari perusahaan berlogo ‘Sayap Mengepak” itu adalah all new Honda Vario 125 bermesin 4- Katup.

Baca Juga: GOKIL! Suzuki Thunder ternyata memiliki Adik seharga 14jutaan. Intip Tampilannya.

Sebagaimana kabar tersiar, peluncuran Honda Vario 125 ini akan dilakukan secara offline di Safety Riding Park AHM di Deltamas, Cikarang, pada pekan depan.

Melansir dari beberapa sumber, all new Honda Vario 125 akan dibekali teknologi paling mutakhir dari Honda. Yang diantaranya teknologi eSP+ (Enhanced Smart Power) dan mengemas enjin 124,8 cc, SOHC, 4-katup, dan berpengabut PGM FI.

Baca Juga: Cek Fakta Bro! Motor Matic Honda Scoopy 150 Resmi Meluncur, Yamaha Fazzio Tak Berdaya

Sementara bagian sasis-nya juga berubah yang mana Honda akan menggunakan model eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) di versi terupgrade Vario 125 ini.

Lalu seperti apa kelebihan teknologi eSP+ oleh Honda ini? Berikut akan kami ulas.

Melansir dari laman resmi astra-honda.com, teknologi eSP+ adalah versi terbaru dari Esp yang diperkenalkan Honda tahun 2013 lalu pada peluncuran Honda BeAT.

Baca Juga: ASTAGA BRO! Honda Vario 160 Custom Bergaya Maxi Hadir, Yamaha NMAX Kalah Ganteng Nih, ini Detailnya

Honda mengklaim, penggunaan teknologi eSP+ akan mampu membuat motor lebih irit dalam mengkonsumsi bahan bakar serta dapat menjadikan mesin lebih halus dan mendapatkan tenaga yang lebih baik.

Dengan demikian, eSP+ disebut-sebut mampu membuat kerja mesin motor matic jadi lebih sempurna lantaran adanya perubahan yang cukup banyak pada komponen intetrnal mesin.

Adapun tujuan dalam penggunaan teknologi eSP+ pada motor matik yakni untuk menambah efektifitas performa mesin jadi bertambah serta dapat mengurangi friksi atau gesekan.

Baca Juga: KEREN GUYS! Bukan Wuling, Ini dia Sosok Molis Murah 100 Jutaan, Simak Detailnya Berikut ini

Meski demikian, tidak semua motor matik dapat menggunakan teknologi tersebut. Pasalnya, eSP+ hanya bisa digunakan untuk motor bermesin 4 katup dan tidak berlaku untuk mesin 2 katup.

Selain itu Pengembangan pada mesin eSP+ adalah perubahan mesin untuk rasio kompresi tinggi, memaksimalkan saluran udara ke ruang bakar, penggunaan hydraulic tensioner, piston oil jet hingga crankshaft yang lebih rigid.

Sedangkan untuk bagian ruang filter terdapat rectifire atau penyearah yang berfungsi untuk mengarahkan angin dengan lebih presisi ke ruang bakar, sekaligus mengurangi turbulensi.

Baca Juga: WADUH! Mobil SUV Asal China ini Jadi Acaman Buat Pabrikan Jepang di Indonesia, Ini Sosoknya

Dengan kata lain, teknologi eSP+ pada motor all new Honda Vario 125 mampu membuat akselerasinya akan lebih teras jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dampak positif lainnya adalah tidak menimbulkan gejala gredek di putaran awal, sekalipun ketika menanjak dengan kecepatan yang relatif rendah.

Sekedar diketahui, teknologi tersebut telah digunakan AHM pada sepeda motor Honda PCX 160 da juga pada Honda Vario 160 yang baru-baru ini dirilis.

Baca Juga: BRIO AUTO K.O! All New Sirion 2022 Meluncur, Lebih Sporty dan Powerfull, Berikut Sosok dan Spesifikasinya

Pun jika benar all new Honda Vario 125 menggunakan teknologi eSP+ (Enhanced Smart Power) dan mengemas enjin 124,8 cc, SOHC, 4-katup, dan berpengabut PGM FI.

Maka bisa dipastikan rancang mesin itu mampu memproduksi tenaga maksimal yang mencapai 10,9 daya kuda pada putaran 8.500 rpm dan torsi puncak menyentuh 11,7 N di 5.000 rpm.***

Editor: Chandra Mokoagow

Sumber: astra-honda.com

Tags

Terkini

Terpopuler