Gawat Nih, Penantang Baru Kelas 250cc Muncul, Desain Modern Fitur Canggih Bertenaga 24,1 Horse Power

25 Agustus 2022, 10:22 WIB
Gawat Nih, Penantang Baru Kelas 250cc Muncul, Desain Modern Fitur Canggih Bertenaga 24,1 Horse Power /tangkapan layar /

PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat - Lama menghilang di pasar tanah air generasi terbaru motor pulsar kini hadir dengan model super canggih.

Motor pabrikan Bajaj India merilis dua varian baru pulsar dengan model terbaru ini diklaim sebagai seri Pulsar dengan kapasitas mesin terbesar yang pernah dibuat.

Kedua model terbaru ini adalah Pulsar F250 dan Pulsar N250 sebagai versi nuggetnys. Sesuai dengan namanya kedua generasi terbaru pulsar ini telah dilengkapi dengan mesin berkubikasi 250cc single cylinder head soccer house full injection dengan pendinginan mesin oli cooler.

Baca Juga: MAKIN RETRO! Kaka Kandung Kawasaki W175 Varian 2023 Sudah di Indonesia, Simak Perubahan dan Harga Terbaru

Mesin terbaru ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 24,1 Horse power pada 8,750 RPM dan torsi 21,5.Nm pada 6,500 RPM. Pada perangkat kopling Pulsar N250 juga sudah dibekali dengan teknologi Asy slipper clutch yang membuat kopling menjadi lebih ringan dibandingkan dengan kopling biasa.

Selain itu mesin ini masih mempertahankan teknologi khas bajaj yaitudigital Twin Spark ignition (DTSI) atau teknologi busi ganda. Teknologi ini bekerja dengan mengaktifkan dua busi sekaligus di ruang bakar.

Menariknya kedua motor Putsar ini di saat putaran mesin rendah mesin hanya akan melakukan pembakaran dengan satu busi sedangkan saat memasuki RPM 6000 ke atas kedua busi akan berfungsi bersamaan sehingga pembakaran pada mesin menjadi lebih optimal.

Baca Juga: Primbon Jawa Kelahiran 15 Desember 2003 Menurut Hitungan Wuku dan Weton

Secara keseluruhan desain Pulsar N250 mengusung desain baru dengan garis bodywork lebih tajam jok model speedset knalpot dengan silencer pendek minimalis yang menambah kesan sporty.

Tampilan kedua motor ini seperti umumnya motor India bajaj tetap menyematkan madgoat atau spakbor tambahan pada roda belakang dan juga pipa tubular pelindung mesin pada bagian depan motor

Beralih di sektor pencahayaan headlamp keduanya telah menggunakan LED projector dengan tambahan lampu DRL di setiap sisi sampingnya. Sedangksn pads stop lamp dan juga seinya yang sudah mengaplikasikan lampu LED.

Baca Juga: New Yamaha Freego 2022 Meluncur, Tampil Makin Killer Benarkah? Cek Detailnya

Sementara panel instrumennya terdiri dari perpaduan antara analog dengan digital indikator RPM analog sedangkan bagian digitalnya mencangkup indikator kecepatan indikator bensin tripmeter sampai odometer disematkan pula port USB charger yang terletak di dekat tangki sehingga pengendara bisa mencharge smartphone mereka saat diperjalanan.

Pulsar F250 sebagai versi sportnya telah memakai half fairing dengan stang jepit sedangkan Pulsar N250 memakai stang tipe handle bar sisanya dari depan sampai belakang kedua motor ini kurang lebih punya desain yang sama.

Kemudian pada sokbreker belakang kini telah diperbarui dari generasi sebelumnya yang masih menggunakan double shop sekarang diubah menjadi model monoshop lengkap dengan broadband adjustable yang sudah bisa disetting secara manual.

Baca Juga: Chord Temani Aku Band Sheila On 7, Lengkap dengan Lirik

Untuk suspensi depan masih memakai tipe teleskopik berdiameter 37 mm di sektor kaki-kaki Pulsar 250 menggunakan velg palang 10 ring 17 inci dibalut dengan ban ukuran cukup besar depan ukuran 100/80 ban belakang ukuran 130/70.

Pengereman depan menggunakan kaliper 2 piston dan diameter cakramnya telah di upgrade menjadi 300 mm lalu cakram belakang berdiameter 235 kedua pengeremannya ini sudah mengaplikasikan sistem ABS single-channel.

Demikian pembahasan singkat tentang motor pulsar generasi terbaru produksi pabrikan Bajaj India.***

 

Editor: Rudini Radiman

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Terkini

Terpopuler