Motor Keren Tetapi Sepi Peminat, Inilah Motor Honda Gagal Produksi

16 Juli 2022, 21:44 WIB
Honda karisma /

PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat - Motor Honda bisa dibilang menjadi kendaraan legendaris di tanah air, pabrikan Astra Honda Motor (AHM) sudah dari tahun 90an memasarkan produknya di Indonesia.

Tak hanya itu, dari kesuksesan Honda pada kendaraan roda dua di Indonesia. Ternyata ada beberapa motor Honda yang keren tetapi sepi peminat bahkan gagal produksi.

  • Honda Karisma

Honda Karisma produk Honda Karisma produk yang rilis di tahun 2000-an ini di desain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, yang efisien dan diharapkan mampu menggantikan Honda Legenda Yang Laris Manis.

Baca Juga: LARIS MANIS! Sempat Dikudeta Honda Brio, Toyota Avanza Kembali Naik Takhta Disusul Daihatsu Sigra

Hal itu dianggap memiliki desain yang bongsor, khususnya bagian ekor motor yang dinilai terlalu lebar dan juga besar.

Padahal di awal kemunculannya di pasaran produk Honda satu ini menyajikan inovasi yang cukup menarik di kelasnya, di mana motor ini sudah dilengkapi dengan indikator bensin dan jarum digital.

Hal tersebut diserap dengan baik di pasaran, sehingga Kharisma hanya dirilis di Indonesia yaitu Kharisma dan Karisma X tersebut nggak laku. Sehingga pada tahun 2012 karism sudah tidak diproduksi lagi.

Baca Juga: Sangat Cantik! Resmi Meluncur Skutik Retro Royal Alloy TG 150, Yamaha Fazzio Auto K.O 

  • Honda CS 1

Honda CS 1 yang merupakan produk Honda yang gagal berikutnya, dilihat dari segi tampilan motor ini menggabungkan desain motor bebek dan moge.

Membuat banyak kalangan menganggap kalau di sini bukan motor sport, juga bukan motor bebek. Menggunakan stang motor bebek untuk bagian pelek Honda CS1 desain dengan gaya sporty.

Masuk bagian tengah terdapat desain yang cantik, namun sejatinya itu bukan lagi ada yang ingin menyerupai tampilan motor sport beberapa kejanggalan pada membuat motor ini kurang laku di pasaran dan berhenti produksi di tahun 2013.

Baca Juga: Resmi Meluncur Vmax 175, Lawan Baru Honda VCX, Pengganti Yamaha Nmax, Cek Selengkapnya

  • Honda Absolute Revo AT

Honda Absolute Revo AT sempat mengejutkan pecinta Honda, pasalnya pada saat lagi naik daun Revo fit pihak Honda mengeluarkan produk Revo AT model motor bebek tetapi bermesin matic.

Kalau ini bisa dibilang over kreatif, pabrikan Honda mungkin menganggap motor ini mampu mengakomodir kebutuhan konsumen yang mendapatkan motor bebek tapi dengan transmisi otomatis.

Seiring berjalannya waktu penjualan motor ini terus merosot tajam sehingga 2013 harus disuntik mati, lantaran kurangnya peminat hanya di Indonesia tapi di Thailand pun motor bebek matic tak mampu memenuhi selera pasar di Thailand.

Baca Juga: Gila ! Suzuki Luncurkan Skutik Keren dan Canggih, Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy Panik

  • Honda Kirana

Eksistensi Honda Kirana di industri roda dua tanah air hanya bertahan selama 2 tahun, pertama kali diluncurkan pada tahun 2002 yang diberhentikan produksi pada akhir 2004 Astra Honda Motor.

Mengapa motor ini kurang laris lantaran memiliki desain yang diadopsi dari model Astrea Grand, yang dianggap kuno di sisi lain ketersediaan spare part yang sulit menjadi alasan motor ini kurang diminati.

Untuk mesin motor ini memiliki mesin 4 volt tunggal silinder, yang mampu menghasilkan tenaga 6,7 KW pada putaran 7500.

Memiliki mesin yang besar Honda Kirana masih dibekali dengan rem yang masih tromol, yang menambah nilai minus untuk motor bebek ini banyak juga yang menyebut jika Honda Kirana Ini hanya sebagai kelinci percobaan.

Baca Juga: LEBIH MACO! New Yamaha MX KING 154 Resmi Diluncurkan, Cek Spesifikasinya

Ini dikarenakan pada saat itu penjualan Supra X 100 sedang menjadi motor yang sangat laku, sehingga Honda merilis motor dengan kapasitas mesin 125 cc yang melalui Honda Kirana. ***

Editor: Nanda Surya Saputra

Sumber: YouTube

Tags

Terkini

Terpopuler