Skutik Moge Maxi dari SYM Destroyer Yamaha TMax Resmi Meluncur Harga Jauh Lebih Terjangkau, ini Spesifikasinya

4 Juli 2022, 11:13 WIB
Skutik Moge Maxi dari SYM Destroyer Yamaha TMax Resmi Meluncur Harga Jauh Lebih Terjangkau, Lihat Spesifikasinya /dok. Mforce Indonesia, SYM/

PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat - Resmi meluncur, skuter matic (skutik) moge Maxi dari SYM yang bakal jadi destroyer Yamaha TMax DX, harga lebih terjangkau.

Belum lama ini dalam pamaran otomotif Jakarta Fair Kemayoran (JFK) PT Mforce Imdonesia memperkenalkan generasi terbaru dari skutik moge Maxsym TL 500.

Motor ini digadang-gadang bakal menjadi pesaing motor dari pabrikan lain yang mengeluarkan produk pada kelas yang sama, seperti Yamaha dengan skutik mogenya TMax DX.

Menariknya, destroyer dari Yamaha TMax DX ini harganya lebih tergangkau, bahkan jauh lebih murah dari TMax DX.

Baca Juga: Tampil Lebih Agresif, Yamaha Luncurkan Skutik Terbaru 2022 Penjegal ADV 160

Di pasar Indonesia, skuter Maxsym TL 500 ini dibandrol dengan harga sekitar Rp192 jutaan, sementara TMax DX harganya saat ini sekitar Rp320 jutaan, untuk OTR Jakarta.

Lantas apa saja kelebihannya dan mengapa jauh lebih murah dari pesaiangnya di jelas skuter moge 500 cc? Berikut ulasannya.

Mesin Maxsym TL 500

Dilansir PortalKotamobagu.com dari kanal YouTube Otomotif TV, degan judul "Matic 2 silinder mirip Yamaha TMax DX Tapi Jauh Lebih Murah, ini dia SYM Maxsym TL" yang di unggah 21 Juni 2022.

Sebagai Maxi skuter, SYM Maxsym TL 500 terlihat besar dan kesannya berotor. Dari tampilan depan, winsil motor ini terlihat lebih tinggi serta bisa disetel dengan 2 ketinggian.

Baca Juga: CFMoto Hadirkan Pesaing Kawasaki ZX25R Honda CBR250 dan Yamaha R25, Lihat Tampilan dan Spesifikasinya

Namun sayang penyetelannya masih secara manual, dan itu merepotkan. Mungkin ini salah satu yang buat Maxsym TL 500 lebih murah karena belum mengunakan mekanik elektrik seperti TMax DX.

Pada bagian lampu utamanya (lampu depan) tergolong agak tipis dari bodynya yang besar. Mengunakan LED, dan pengunaan lapu DRL di kanan dan kiri sehingga memberikan tampilan mewah pada Maxsym TL 500 ini.

Maxsym TL 500

Untuk roda depan, Maxsym TL 500 mengunakan ukuran ban 120/70 vleg 15, lumayan besar dan dikawal dua rem cakram kanan dan kiri.

Masing-masing cakram mengunakan kalipernya keren, karena mengunakan 4 piston di setiap sisi. Jadi totalnya ada 8 piston.

Pada bagian kakinya, Maxsym TL 500 mengunakan suspensi Upside Down dengan diameter sebesar 41 mm warna hitam sehingga kesan garang makin terlihat pada motor ini.

Baca Juga: New Yamaha RX King Reborn 4 Tak Meluncur, Buat Kompetitor Ketar-ketir Nih

Di aera kemudi, stang setir Maxsym TL 500 Lumayan tinggi dan cukup lebar, terdapat panel saklar indikator.

Pada bagian panel instrumennya terbagi dalam tiga klaster, layar utama mengunakan 4,5 inci, dsamping kanan jiga ada layar dan kiri buat lapu indikator.

Untuk panel instrumen utama, bisa diubah tampilannya menjadi intikator spedometer, jam digital, serta informasi terkait jarak, waktu pengunaan, maksimal RPM yang digunakan dan kecepatan. Selain itu, juga menunjukan tengangan aki dan suhu mesin.

Maxsym TL 500

Bagian jok Maxsym TL 500 panjang dan lebar, di bagian tengahnya ada sandaran buat pinggang, agar buat pengendara nyaman. Pengunaan dua motif pada bungkus jok memberi kesan mewah motor inim

Untuk roda belakang pengeraknya mengunakan rantai, seperti TMax walaupun skutik ini pakai mesin CVT.

Baca Juga: Gantengan Mana Honda PCX Predator atau Yamaha NMAX Predator? Buat Inspirasi Modifikasi

Roda belakang mengunakan ban ukuran 160/60 ring 15 dan dikawal dengan rem cakram yang ukurannya sama dengan roda depan motor gedenya dikawal dengan kaliber 4 piston.

Menariknya lagi dari konstruksi suspensi monoshock belakang Maxsym TL 500 ada di sisi kiri dan condeng keluar, berbeda dengan TMax yang ada di bagian tengah.

Maxsym TL 500 mengunakan dua silinder segaris 4 tak DOHC 8 katup, injeksi berpendingin cairan dengan kapasitas tangki BBM 12,5 liter.

Maxsym TL 500 dibekali mesin berkapasitas 465 cc, di bawahnya TMax yang memiliki kapasitas mesin 530 cc, malah yang versi terbarunya sudah mengunakan mesin 560 cc.

Ruang pacu motor ini bisa mengeluarkan tenaga sekitar 40 DK, 30 KW pada 6.750 RPM dengan torsi maksimal 42,5 NM pada 6.250 RPM, tranmisi CVT, mengunakan pelumas (Oli) dengan kekentalan 10/40, kapasitas 2.100 ml.

Jadi menurut kalian gimana, apakah Maxsym TL 500 ini layak menjadi destroyer TMax DX. ***

Editor: Moh Irfany Alhabsyi

Sumber: YouTube OTOMOTIF TV

Tags

Terkini

Terpopuler