Yamaha Vega R, Mati di Indonesia Laris di Vietnam

- 7 Februari 2023, 19:54 WIB
Yamaha Sirius
Yamaha Sirius /Felix Tendeken/

PORTAL KOTAMOBAGU Pikiran Rakyat-Siapa yang tidak kenal dengan motor satu ini Yamaha Vega R, motor bebek legendaris yang terkenal irit BBM dan punya mesin bandel di masanya.

Namun sayangnya kejayaan Yamaha Vega R di Indonesia harus berakhir pada tahun 2009 saat berganti nama menjadi Vega ZR.

Tapi siapa sangka di Vietnam ada motor bebek yang benar-benar mirip dengan Yamaha Vega R generasi kedua tahun 2006 sampai 2009.

Namanya Yamaha Sirius yang hingga kini, masih dipasarkan oleh Yamaha Vietnam dan jadi bebek entry level dari brand berlogo garpu tala tersebut.

Kemiripan Yamaha Sirius dengan Vega R bisa langsung terlihat dari bodinya yang ramping, bentuk headlamp, dasi, hingga lekukan bodi sampingnya yang terlihat simpel namun tetap meruncing.

Pada bagian lampu belakangnya, juga tampak mirip dengan Vega R tahun 2006-2009 dengan desain yang memadukan mika lampu berwarna merah dan sentuhan aksen chrome.

Namun jika melihat kaki-kakinya terutama di bagian rantai, Yamaha Sirius menggunakan cover layaknya bebek jadul semisal Honda Kirana atau Honda Astrea Grand.

Untuk spesifikasinya, Yamaha Sirius mengusung mesin 110,3 cc 4-tak SOHC berpendingin udara yang dioperasikan dengan transmisi manual 4-percepatan.

Mesin tersebut diklaim dapat menghasilkan tenaga 8,7 ps pada 7.000 rpm dan torsi maksimum 9,5 Nm pada 5.500 rpm.

Halaman:

Editor: Felix Tendeken

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah