Dikira Honda ADV, Ternyata Aprilia SR-GT Motor Matik yang Bisa Melibas Medan Offroad

- 26 Oktober 2022, 22:24 WIB
Aprilia SR-GT
Aprilia SR-GT /Felix Tendeken/
PORTAL KOTAMOBAGU, Pikiran Rakyat-Dikira Honda ADV, ternyata Aprilia SR-GT motor matik yang jago di segala medan termasuk offroad.


Skutik yang membawa karakter Enduro ini diluncurkan di pasar otomotif Indonesia oleh PT Piaggio Indonesia pada 17 Juli lalu di Dome Senayan Park Jakarta.

Motor yang mengusung gaya race look khas Aprilia yang agresif dan premium ini dapat digunakan juga sebagai motor harian di jalur perkotaan.

Skutik yang terlihat garang ini tersedia dalam dua varian, yaitu Aprilia SR GT 200 dan Aprilia SR-GT Sport 200, dengan rentang harga Rp 60-62 jutaan.

Memang kalau dilihat sekilas pada bagian depan, anda pasti akan mengira bahwa skutik ini adalah Honda ADV.

Aprilia SR-GT terlihat berotot dan bertampang garang.

Sementara bagian samping dan belakang terlihat langsing dan ramping dihiasi garis dinamis yang tegas dengan posisi jok kelihatan mundur.

Skutik bergaya adventure ini memang sangat nyaman dan menyenangkan digunakan sebagai kendaraan operasional penunjang pekerjaan setiap hari.

Sekali gas rasanya skutik ini tak memiliki beban.

Ya, karena bobotnya cuma 148 kilogram saat tangki terisi penuh dan stangnya mudah dikendalikan dan stabil di tikungan.

Sudah pasti nyaman yah saat digunakan di jalan padat dan macet.

Namun ada satu kelemahannya yang justeru akibat terlalu nyaman.

Ketika berboncengan, suspensi belakang sering mentok dan shock belakang butuh perbaikan lagi sesuai kebutuhan.

Skutik ini mengandalkan velg alloy ringan berukuran 14-inci di kaki depan dan 13-inci di kaki belakangnya.

Dukungan ban Michelin dengan tapak segala medannya plus ground clearance 175 mm sangat fleksibel untuk menembus segala kondisi perjalanan.

Kami pun merasa senang untuk mengujinya melewati jalur bergelombang, tanah maupun aspal.

Untuk sisi pengereman, motor ini juga minim hentakan saat Kami coba melakukan pengereman mendadak berkat cakram depan 260 mm, dan cakram belakang berukuran 220 mm.

Heran, meski judulnya Aprilia SR-GT 200 namun skutik ini hanya mengandalkan mesin i-get silinder tunggal dengan kapasitas 174cc.

Tak perlu kecewa, toh tenaganya jelas terasa beda dengan ukuran bore 61,5 mm yang sanggup melepaskan tenaga sebesar 17,4 HP pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7.000 rpm.

Akselerasi tarikan juga terasa cepat, hingga speedometer menunjukkan angka 110 km/jam.

Tak hanya satu model, semua model Aprilia SR-GT dilengkapi dengan sistem Start & Stop yang dikenal dengan RISS (Regulator Inverter Start & Stop System).

Sistem ini secara otomatis akan mematikan mesin 1 sampai 5 detik setelah berhenti.

Sedikit putaran throttle akan menghidupkan kembali mesin secara instan, sehalus suara Dian Piesesha.

Jika tertarik ingin meminangnya, tinggal pilih varian sesuai karakter Anda.

Untuk Aprilia SR GT 200 hadir dengan grafis dalam tiga warna, Aprilia Black, Street Grey, dan Infinity Blue.

Sementara untuk versi Sport, hadir dengan corak skema warna matte Street Gold, Iridium Grey dan Red Raceway. (***)

Editor: Felix Tendeken

Sumber: Berbagai Sumber piaggio.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x