3 Varian Baru Virus Corona dari India, Inggris, dan Afrika Selatan Sudah Masuk di Indonesia

- 3 Mei 2021, 15:27 WIB
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin / Twitter/@KemenkesRI

PORTAL KOTAMOBAGU - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melaporkan tiga varian baru virus corona yang berasal dari India, Afrika Selatan, dan Inggris sudah masuk ke wilayah Indonesia.

"Tadi juga sudah dilaporkan ke Bapak Presiden, yaitu sudah ada mutasi baru (virus corona) yang masuk, yaitu mutasi dari India ada dua insiden yang sudah kita lihat dan dua-duanya di Jakarta, dan satu insiden dari Afrika Selatan itu ada di Bali," kata Budi di Kantor Presiden Jakarta, Senin 3 Mei 2021.

"Jadi, selain mutasi dari Inggris yang sekarang sudah ada 13 insiden, sudah ada dua mutasi dari India masuk dan satu mutasi dari Afrika Selatan," ujarnya.

Baca Juga: Heboh, Lucinta Luna Mengaku Hamil, Test Pack-nya 2 Garis Merah

Varian baru virus dari tiga negara itu mutasi dari virus corona sebelumnya.Virus corona yang sudah mengalami mutasi di Inggris disebut varian B117, varian virus corona dari India dinamai B1617, dan varian virus corona dari Afrika Selatan disebut B1351.

Budi mengatakan, tiga varian baru tersebut termasuk kategori variant of concern, yaitu varian virus baru yang saat ini menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia World Health Organization (WHO).

"Ini harus kita jaga mumpung (penyebarannya) masih sedikit, mengingat mereka pasti akan segera menyebar karena (tingkat) penularannya relatif lebih tinggi dibandingkan yang lain," ujar Budi.

Baca Juga: Warga India Percaya Dukun dapat Obati Covid-19

Budi mengatakan, isolasi harus diberlakukan bagi warga yang terpapar varian baru virus tersebut. Demikian juga orang-orang yang memiliki riwayat kontak dengan mereka, harus dilacak dan diperiksa.

Halaman:

Editor: Suhendra Manggopa

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X